Hermawan, Agus (2025) PSIKOLOGI PENDIDIKAN ISLAM dari Konsep, Pembentukan Kepribadian hingga Psikoterapi. UNSPECIFIED.
![]() |
Text
psikologi pendidikan islam.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
psikologi pendidikan islam.pdf Download (1MB) |
Abstract
Meski masih menggunakan kata “psikologi” yang disepakati bermakna ilmu yang mempelajari tentang gejala- gejala jiwa manusia yang tercermin dari tingkah laku individu, dan pendidikan dimaknai sebagai usaha sadar, sistematis, berkelanjutan untuk mengembangkan potensi yang dibawa manusia, menanamkan sifat, dan memberikan kecakapan sesuai dengan tujuan pendidikan, Psikologi Pendidikan Islam memiliki ciri khusus yang tidak dimiliki ilmu Psikologi Pendidikan Barat. Tidak seperti Psikilogi Barat, Psikologi Islami mengakui adanya hembusan Ruh-Ku ke dalam diri manusia (Surah al- Hijr ayat 29 dan Surah al-A’raaf ayat 172). Konsep Ruh yang ditiupkan adalah bukan sejenis dengan ruh tetumbuhan (an- nafs al nabatiyyah) atau ruh hewan (al-nafs al-hayawaniyyah), dan juga bukan hasrat-hasrat rendah (ahwa), melainkan sejenis ruh yang teramat halus dan luhur yang dikaruniakan Allah kepada Manusia untuk berhubungan secara ruhani.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 17:07 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 17:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22965 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |