UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS VIII B MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Nabila, Farah Isna (2025) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI RELASI DAN FUNGSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS VIII B MTs DARUL ULUM SURUH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FARAH ISNA NABILA 23070180018.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARAH ISNA NABILA 23070180018.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARAH ISNA NABILA 23070180018.pdf

Download (5MB)
[img] Text
FARAH ISNA NABILA 23070180018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keaktifan dan hasil belajar belajar matematika yang diperoleh siswa masih cenderung rendah, hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kurang inovatif, dilihat dari faktor siswa yang kurang minat dalam belajar, serta merasa bosan karena proses pembelajaran yang monoton. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) yang diyakini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum Suruh tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan subjek yang diteliti terdiri dari 30 siswa. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan membandingkan pencapaian nilai siswa dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan sekolah yaitu 75 dan kriteria ketuntasan klasikal pada setiap siklusnya sebesar 85%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika materi relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII B MTs Darul Ulum Suruh tahun pelajaran 2023/2024. Hal ini dapat ditunjukkan dari hasil observasi keaktifan siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I memperoleh skor 55,55% siswa aktif belajar, selanjutnya pada siklus II memperoleh skor 61,8% siswa aktif belajar. Dari hasil observasi keaktifan yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥61% siswa aktif belajar. Hasil dari tes evaluasi siswa mengalami peningkatan pada setiap siklusnya yaitu pada siklus I terdapat 66,67% (20 siswa) telah tuntas KKM dan 33,33% (10 siswa) belum tuntas KKM. Selanjutnya pada siklus II terdapat 90% (27 siswa) telah tuntas KKM dan 10% (3 siswa) belum tuntas KKM. Dari data tersebut hasil belajar yang diperoleh pada siklus II sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal yaitu ≥85% dari jumlah siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar yakni ≥75 sehingga penelitian tindakan kelas ini dikatakan berhasil dan dihentikan pada siklus II.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Feb 2025 20:21
Last Modified: 04 Feb 2025 20:21
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22967

Actions (login required)

View Item View Item