, Andi Arisa Asnifanida (2025) Komersialisasi Foto Public Figure untuk Produk Poster Dalam Tinjauan Undang-Undang Hak Cipta Dan Prinsip-Prinsip Mu’amalah (Studi Kasus Marketplace Shopee Toko Stabilo Oren dan Green Shop). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI FIX REVISI-1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIX REVISI-1.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIX REVISI-1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Komersialisasi foto public figure yang ada dipasaran saat ini semakin marak dilakukan terutama, di marketplace shopee. Salah satunya bisa dilihat pada bisnis online yang dilakukan oleh toko Stabilo Oren dan Green Shop dalam bisnis pembuatan poster menggunakan foto public figure pemain timnas sepak bola Indonesia dan Ulama, Kyai/Habaib, yang diambil bebas tanpa izin pencipta atau pemegang Hak Cipta di media sosial seperti Instagram, Google, dll. Sebagian besar masyarakat Indonesia masih kurang memahami bagaimana Kekayaan Intelektual terutama dalam hal karya cipta yang dilindungi dalam Hak Cipta. Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana praktik komersialisasi foto public figure di marketplace shopee menurut tinjauan Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta dan Prinsip-Prinsip Mu’amalah. Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif, dan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan yuridis-empiris yang mengkaji hukum tertulis terhadap penerapan perilaku dalam kehidupan sehari-hari. Sumber data dalam penelitian ini yang diperoleh melalui pengumpulan data dari wawancara online dengan pemilik bisnis online toko Stabilo Oren dan Green Shop dan sumber data yang diperoleh dari buku, jurnal, artikel, dokumen, dan sejenisnya. Menggunakan metode analisis deskriptif untuk memperoleh kesimpulan penelitian. Hasil penelitian skripsi ini yaitu praktik kemersialisasi foto public figure di marketplace shopee yang digunakan para owner toko Stabilo Oren dan Green Shop sebagai media atau alat untuk memasarkan usaha onlinenya. Penggunaan marketplace shopee ini bertujuan untuk mempermudah proses transaksi jual beli. Mekanisme pembelian dalam marketplace shopee ini juga sama seperti pembelian di toko-toko online lain, mengggunakan sistem pembelian, pembayaran dan pengiriman. Praktik komersialisasi foto public figure di marketplace shopee pada toko Stabilo Oren dan Green Shop tidak sesuai dengan beberapa ketentuan yang ada di Undang-Undang No. 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Poster yang mereka produksi dengan bebas menggunakan foto public figure di media sosial tanpa izin untuk tujuan komersial. Selain tidak sesuai dengan Undang-Undang Hak Cipta hal tersebut juga tidak sejalan dengan prinsip-prinsip mu’amalah dalam larangan berbuat zalim, dimana dalam pengambilan foto public figure tanpa izin dan termasuk perbuatan yang zalim. Pengambilan foto public figure harus sesuai dan dipastikan bahwa tidak melanggar hukum, etika, dan prinsip-prinsip mu’amalah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Fiqih (Hukum Islam) |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Feb 2025 01:07 |
Last Modified: | 16 Feb 2025 01:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22986 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |