NAFISAH, RAHMA HASNA (2025) IMPLEMENTASI METODE EJA DENGAN KARTU BACA UNTUK SISWA DISLEKSIA KELAS VI SD NEGERI DUKUH 01 KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
RAHMA HASNA NAFISAH, 23040200063.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini 1) untuk mengetahui implementasi metode eja dengan kartu baca untuk siswa disleksia kelas VI SD Negeri Dukuh 01 Salatiga. 2) untuk mengetahui faktor pendukung dalam metode eja dengan kartu baca untuk siswa disleksia kelas VI di SD Negeri Dukuh 01 Kota Salatiga. 3) untuk mengetahui faktor penghambat dalam metode eja dengan kartu baca untuk siswa disleksia kelas VI di SD Negeri Dukuh 01 Kota Salatiga. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sumber data yang diperoleh melalui sumber data primer yaitu wawancara dengan kepala sekolah, guru wali kelas, guru penanganan khusus Anak Berkebutuhsn Khusus (ABK) dan siswa disleksia kelas VI; sumber data sekunder berupa dokumen foto implementasi metode eja dengan kartu baca di kelas VI. Dalam menelaah data, menggunakan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Validitas atau keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber, triangulasi Teknik dan triangulasi waktu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa di SD Negeri Dukuh 01 Salatiga: 1) Implementasi Metode Eja dengan Kartu baca untuk siswa dislekia kelas VI di SD Negeri Dukuh 01 Kota Salatiga dengan perangkat pendukung menjadi hal utama dalam mengimplementasi metode eja untuk siswa disleksia, penerapan media di sesuaikan sesuai dengan kemampuan siswa disleksia tersebut, langkah-langkah pelaksanaan metode pembelajaran menggunakan metode eja mengenalkan huruf-huruf alfabetis, metode eja `berhasil di gunakan untuk membantu siswa disleksia dalam membaca hal ini di tunjukan bahwa setelah siswa disleksia di berikan metode eja perlahan menunjukka perubahan yang cukup membaik walaupun belum secara signifikan. 2) beberapa faktor yang mendukung keberhasilan implementasi metode eja untuk siswa disleksia yaitu pengguanaan dana, support para guru, peran orang tua siswa tersebut, media komputer. 3) faktor penghambat yang masih di jumpai dalam menerapkan metode eja dengan kartu baca untuk siswa disleksia yaitu Tidak maksimal dalam memberikan materi, waktu yang kurang efisien
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2025 14:16 |
Last Modified: | 17 Feb 2025 14:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |