Puspita, Elisa Dina (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MARKET PLACE ACTIVITY (MPA) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIF SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS ELISA DINA PUSPITA..pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TESIS ELISA DINA PUSPITA..pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TESIS ELISA DINA PUSPITA..pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
TESIS ELISA DINA PUSPITA..pdf Download (4MB) |
Abstract
Puspita, Elisa Dina. 2024. Pengaruh Model Pembelajaran Market Place Activity terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V, 2) menganalisis kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V, 3) menguji pengaruh Model MPA terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V, 4) menguji pengaruh Model pembelajaran MPA terhadap kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V, 5) menguji pengaruh Model pembelajaran MPA terhadap kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini Quasi-eksperimen, dalam desain eksperimen ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 118 siswa, dengan pengambilan sampel sebanyak 80 siswa dari dua sekolah, yaitu MI Ma’arif Global Salatiga 32 siswa dan MIN Salatiga 48 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan menggunakan angket yang diberikan kepada siswa kelas V. Analisis data dalam penelitian ini melibatkan prosedur seperti Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Independent Sample t-test dan Uji Manova Data Penelitian. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran IPA kelas V diketahui pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu 83.28. Pada kemampuan kreatif siswa pada pembelajaran IPA kelas V, diketahui pada kelas eksperimen menghasilkan nilai rata-rata lebih besar yaitu 46.54 yang mengarah pada perubahan positif. Pada uji Independent Sample t-test untuk kemampuan berpikir kritis, siswa yang mengikuti model MPA menunjukkan nilai rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Begitu pula dengan kreatif siswa yang terlibat dalam aktivitas pembelajaran MPA menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam menghasilkan ide-ide baru dan solusi kreatif terkait dengan materi ekosistem. Hasil uji manova menunjukkan nilai Sig. < 0,05. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Market Place Activity berpengaruh signifikan terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V dalam materi ekosistem. Dengan demikian, model pembelajaran MPA terbukti memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif siswa kelas V pada pembelajaran IPA. Kata Kunci: Model pembelajaran; Market Place Activity; berpikir kritis; kreatif.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 15:05 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 15:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23026 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |