Khumaeroh, Lia Neri (2025) EFEKTIVITAS SOSIALISASI KEMENTERIAN AGAMA DALAM PROGRAM SERTIFIKASI HALAL GRATIS (STUDI KASUS PADA UMKM DI KABUPATEN MAGELANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Final Lia Neri_013.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Final Lia Neri_013.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Final Lia Neri_013.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Final Lia Neri_013.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Final Lia Neri_013.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Bukti Submit Jurnal.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
Bukti Submit Jurnal.pdf Download (241kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui tentang efektivitas sosialisasi Kementerian Agama dalam program sertifikasi halal gratis (studi kasus pada UMKM di Kabupaten Magelang) dengan fokus penelitian terhadap efektivitas sosialisasi yang diterapkan, yaitu: (1) Untuk mendeskripsikan efektivitas sosialisasi Kementerian Agama dalam program SEHATI pada UMKM Kabupaten Magelang, (2) untuk mengetahui dampak dari efektivitas sosialisasi Kementerian Agama dalam Program SEHATI pada UMKM Kabupaten Magelang. Jenis penelitian ini merupakan termasuk penelitian lapangan (field resesarch) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan adalah data primer yakni wawancara dengan satgas halal dan UMKM dan data sekunder serta menggunakan tahap pengumpulan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan sehingga menjadi analisis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sosialisasi di Kementerian Agama untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya kehalalan produk, memberi nilai tambah bagi produk lokal serta mendukung daya saing produk UMKM di pasar domestik dan internasional. Ketepatan sasaran perlu ditingkatkan dan diperhatikan lagi. Dan sosialisasi program belum begitu menyeluruh sampai ke pelosok pedesaan. Untuk dampaknya dimana lembaga tersebut mengalami peningkatan akuntabilitas dalam pelayanannya, sedangkan bagi pelaku usaha kemudahan akses pasar dan juga meningkatnya kepercayaan konsumen. Adapun tantangan atau kendala yang dihadapi akibat informasi kurang merata dan juga kurangnya pemahaman menggunakan teknologi bagi pelaku usaha yang sudah berumur terutama.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 15:43 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 15:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23044 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |