PENGARUH INTERNET FINANCIAL REPORTING (IFR), GROWTH OPPORTUNITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 (JII 30) Periode 2019-2023)

ASTRIATI, DILLA PUTRI (2025) PENGARUH INTERNET FINANCIAL REPORTING (IFR), GROWTH OPPORTUNITY, DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN FIRM SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 (JII 30) Periode 2019-2023). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dilla Putri Astriati (128)-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Dilla Putri Astriati (128)-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Dilla Putri Astriati (128)-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Dilla Putri Astriati (128)-3.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh internet financial reporting (IFR), growth opportunity, dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan dengan firm size sebagai variabel moderating. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 periode 2019-2023. Penelitian ini penting dilakukan mengingat penelitian terdahulu menunjukkan hasil yang tidak konsisten pada setiap variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Jakarta Islamic Index 30 periode 2019-2023 dengan jumlah sampel sebanyak 65 perusahaan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan metode regresi data panel, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis serta program pengolahan data yang digunakan adalah eviews 12. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas (X3) berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Namun, internet financial reporting (IFR) (X1) dan growth opportunity (X2) tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Sedangkan untuk variabel moderasi, firm size (Z) dapat memoderasi dengan memperkuat pengaruh IFR (X1) terhadap nilai perusahaan dengan arah positif. Firm size mampu memoderasi dengan memperlemah profitabilitas (X3) terhadap nilai perusahaan ke arah negatif. Dan, firm size (Z) tidak dapat memoderasi pengaruh growth opportunity (X2) terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2025 16:12
Last Modified: 26 Feb 2025 16:12
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23105

Actions (login required)

View Item View Item