oktavania, Andhira enggar (2025) OPTIMALISASI PEMASARAN MELALUI INSTAGRAM DALAM MENINGKATKAN JUMLAH JAMAAH PADA BIRO PERJALANAN HAJI DAN UMROH PT KAROMAH BAIT AL ANSOR KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Andhira Enggar Oktavania (43020200059)MANAJEMEN DAKWAH.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Andhira Enggar Oktavania (43020200059)MANAJEMEN DAKWAH.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Andhira Enggar Oktavania (43020200059)MANAJEMEN DAKWAH.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Andhira Enggar Oktavania (43020200059)MANAJEMEN DAKWAH.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Andhira Enggar Oktavania (43020200059)MANAJEMEN DAKWAH.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Optimalisasi Pemasaran Melalui Instagram dalam Meningkatkan Jumlah Jamaah Pada Biro Perjalanan Haji dan Umroh PT. Karomah Bait Al Ansor Kabupaten Semarang, yaitu: 1) Bagaimana pengelolaan pemasaran melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah jamaah PT. Karomah Bait Al-Ansor Kabupaten Semarang, 2) Apa faktor pendukung dan penghambat pemasaran melalui Instagram dalam meningkatkan jumlah jamaah di PT. Karomah Bait Al-Ansor Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Analisis dalam pnelitian ini menggunakan pengecekan keabasahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa PT. Karomah Bait Al Ansor Kabupaten Semarang menunjukan bahwa pemasaran melalui Instagram mampu menarik banyak jamaah. PT. Karomah Bait Al Ansor Kabupaten Semarang menggunakan strategi pemasaran yang sesuai dengan bauran pemasaran (4P), yaitu produk, harga, promosi, dan tempat. Penggunaan Instagram terbukti efektif karena memanfaatkan fitur-fitur seperti Instagram Stories, Reels, dan postingan melalui Insatagram, yang memudahkan calon jamaah untuk mengakses informasi dengan cepat. Interaksi langsung melalui DM (Direct Message) juga membantu membangun kepercayaan dan mengurangi keraguan calon jamaah, yang akhirnya meningkatkan pendaftaran rata rata 35-45 dari Instagram mendaftar ke PT. Karomah Bait Al Ansor dengan angka yang cukup lumayan besar. Adapun faktor pendorong tentunya dapat menjangkau pemasaran yang lebih luas bahkan hingga ke daerah-daerah yang jauh ataupun pelosok. Proses pembuatan konten juga dapat dilakukan dalam waktu yang relatif singkat. Faktor pengahambat yaitu kurangnya konten FYP (For You Page), tidak semua orang, terutama usia yang lebih lanjut tidak memiliki akses dalam bermedia sosial.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 23:12 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 23:12 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23151 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |