STRATEGI KOMUNIKASI LAYANAN CALL CENTER 112 SEMARANG DALAM MENGHADAPI PRANK CALL

Rosyfa, Khamiyatu (2025) STRATEGI KOMUNIKASI LAYANAN CALL CENTER 112 SEMARANG DALAM MENGHADAPI PRANK CALL. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI ROSYFA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ROSYFA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ROSYFA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ROSYFA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI ROSYFA .pdf

Download (3MB)

Abstract

Khamiyatu Rosyfa, 2024. Strategi Komunikasi Layanan Call Center 112 Semarang dalam Menghadapi Prank Call Skripsi, Salatiga : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci : strategi komunikasi, layanan call center, prank call Penelitian ini dilator belakangi oleh tingginya jumlah panggilan palsu atau prank call di layanan gawat darurat Call Center 112 Semarang. Call Center 112 Semarang dirancang untuk respons cepat terhadap situasi darurat, namun layanan ini terganggu oleh tingginya jumlah panggilan palsu atau prank call, yang mencapai 3.866 pada tahun 2021 dan 8.688 pada tahun 2023. Panggilan ini tidak hanya mengganggu operasional, namun juga dapat menurunkan kepercayaan masyarakat terhadap layanan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi yang diterapkan oleh Call Center 112 Semarang dalam menghadapi tantangan ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan studi deskriptif sebagai desain penelitiannya. Jenis penelitian ini adalah deskriptif karena bertujuan untuk menggambar kan fenomena sosial dan menyajikan gambaran yang lengkap tentang suatu kejadian dan hubungan yang terdapat dalam penelitian. Teknik pengambilan data atau sampel penelitian yaitu menggunakan teknik purposive sampling karena teknik ini memiliki pertimbangan tertentu dalam menentukan subyek, misalnya orang tersebut yang dianggap paling tahu tentang apa yang kita harapkan, atau mungkin dia sebagai penguasa sehingga akan memudahkan peneliti menjelajahi objek/situasi sosial yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, yang pertama strategi komunikasi yang efektif sangat penting untuk meminimalisir jumlah prank call dan untuk mencapai tujuan organisasi guna memastikan keberlanjutan layanan darurat. Strategi komunikasi yang dilakukan oleh Diskominfo Kota Semarang yaitu : 1) sosialisasi melalui media social dan event, 2) Kolaborasi dengan institusi pendidikan, dan 3) Campaign di area public. Yang kedua dampak dari prank call sangat serius, termasuk dapat menghilangkan nyawa seseorang. Strategi komunikasi yang efektif sangat dibutuhkan untuk mengurangi risiko yang diakibatkan oleh panggilan palsu ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 06 Mar 2025 20:08
Last Modified: 06 Mar 2025 20:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23211

Actions (login required)

View Item View Item