Ubaidillah, Maulana (2025) OPTIMALISASI KINERJA STAF PT. HAJAR ASWAD MUBAROQ DALAM PEMBERIAN LAYANAN PADA CALON JAMA'AH HAI DAN UMRAH DI KOTA SURAKARTA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI. MAULANA UBAIDILLAH. 43020210007. HARD COVER.pdf Download (3MB) |
Abstract
Maulana, Ubaidillah. 2025. Optimalisasi Kinerja Staf PT. Hajar Aswad Mubaroq dalam Pemberian Layanan Pada Calon Jama'ah Haji dan Umrah Di Kota Surakarta. Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Manajemen Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Abdul Aziz, N.P, M.M. Kata Kunci : bentuk optimalisasi kinerja; layanan jama'ah haji dan umrah; PT. Hajar Aswad Mubaroq; Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan terkait bagaimana Optimalisasi Kinerja Staf PT. Hajar Aswad Mubaroq Dalam Pemberian Layanan Pada Calon Jama'ah Haji dan Umrah Di Kota Surakarta. 1) Mengetahui kinerja staf pada PT. Hajar Aswad Mubaroq dalam pemberian layanan pada calon jama'ah haji dan umrah di Kota Surakarta. 2) Mengetahui bentuk optimalisasi kinerja staf pada PT. Hajar Aswad Mubaroq dalam pemberian layanan pada calon jama'ah haji dan umrah di Kota Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat field research (penelitian lapangan) dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang diperoleh melalui staf PT. Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta, Pimpinan/Direktur PT. Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta dan Jama'ah yang pernah menggunakan jasa layanan pada biro perjalanan haji dan umrah PT. Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta, serta dokumen yang ada di PT. Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah PT. Hajar Aswad Mubaroq Kota Surakarta. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, penyaringan data, penyajian data, dan penyimpulan data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Kinerja staf pada PT. Hajar Aswad Mubaroq dalam pemberian layanan pada calon jama'ah haji dan umrah di Kota Surakarta mampu menunjukkan profesionalisme dan pengalaman. Staf tersebut siap memberikan bantuan dan informasi yang diperlukan, mulai dari proses pendaftaran hingga pelaksanaan ibadah. Mereka menjalankan tugas sambil menjalin hubungan baik dengan jama'ah, menciptakan suasana yang akrab 2) Bentuk optimalisasi kinerja staf pada PT. Hajar Aswad Mubaroq dalam pemberian layanan pada calon jama'ah haji dan umrah di Kota Surakarta yaitu melalui pelatihan rutin yang berfokus pada pengembangan keterampilan komunikasi, staf dipersiapkan untuk menghadapi berbagai situasi dalam proses ibadah. Evaluasi berkala yang dilakukan memastikan efektivitas pelatihan dan memungkinkan umpan balik konstruktif. Selain itu, sistem manajemen yang transparan dan kolaboratif menciptakan lingkungan kerja yang positif, di mana setiap anggota tim merasa termotivasi dan bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Keislaman |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Mar 2025 18:51 |
Last Modified: | 10 Mar 2025 18:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23259 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |