Strategi Guru Dalam Mengatasi Rendahnya Minat Baca Iqro' Pada Anak Usia Dini di TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 SALATIGA Tahun Ajaran 2024/2025

setiawati, Heni (2025) Strategi Guru Dalam Mengatasi Rendahnya Minat Baca Iqro' Pada Anak Usia Dini di TK ISLAM TARBIYATUL BANIN 19 SALATIGA Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI-HENI SETIAWATI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian inI, untuk mengetahui pembelajaran baca iqro’, kendala guru dalam mengatasi rendahnya minat baca iqro’ dan strategi guru dalam mengatasi rendahnya minat baca iqro pada anak usia dini di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga Tahun 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman diantaranya dengan mengumpulkan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. pengecekan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran baca iqro’ di TK Islam Tarbiyatul Banin 19 Salatiga ketika dilakukan observasi awal kondisi anak terutama dalam minat baca iqro’ sebagian anak masih kurang atusias dengan kegiatan rutinitas membaca iqro’ dan kegiatan iqro’ yang dulunya hanya menjadi kegiatan rutinitas yang dilakukan hanya satu minggu sekali dan tidak dilakukan secara serentak di ganti setelah rapat bulanan pada tanggal 26 Juli 2024 menjadi kegiatan inti yang dilaksanakan pada hari Rabu secara serentak dari kelas A sampai kelas B. Kendala guru dalam mengatasi rendahnya minat baca iqro’ yaitu anak belum mengenali atau mengetahui huruf hijaiyah, anak malas untuk memperhatikan dan main sendiri, konsentrasi anak yang masih kurang ketika kegiatan belajar membaca iqro’, anak yang sangat aktif dan juga guru belum sepenuhnya dapat mengkondisikan anak yang tidak mau belajar membaca iqro’. Strategi yang guru lakukan dalam mengatasi kendala rendahnya minat baca iqro dengan cara menggunakan APE puzzle huruf hijaiyah, APE kartu huruf hijaiyah, ice breaking disertai dengan menyanyi, memberikan waktu kepada anak, guru memanggil dan menyebutkan nama anak, belajar sambil bermain, guru memberikan perhatian lebih, guru bersikap tegas, belajar di luar kelas dan memberikan reward.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2025 20:43
Last Modified: 10 Mar 2025 20:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23269

Actions (login required)

View Item View Item