Martini, . (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG (BALOK DAN KUBUS) MELALUI PENDEKATAN PEDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS IV MI MAHAD ISLAM KOPENG KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Martini_11511052.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kemmis dan MC. Taggart dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Subyek penelitian ini siswa kelas IV MI Mahad Islam Kopeng tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 20 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 9 siswa perempuan. Obyek penelitian ini adalah prestasi belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang (balok dan kubus) menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes, dokumentasi dan observasi terhadap guru. Hasil tes dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil belajar matematika pada materi sifat-sifat bangun ruang (balok dan kubus) yang diperoleh siswa kelas IV MI Mahad Islam Kopeng Kecamatan Getasan Tahun Pelajaran 2014/2015 masih rendah yaitu 45% siswa masih mendapatkan nilai di bawah KKM yang ditetapkan sekolah yaitu 60. Hal ini karena dalam menyampaikan pelajaran matematika, guru masih menggunakan metode ceramah dan kurang melibatkan siswa dalam kegiatan pelajaran. Pendidikan Matematika Realistik dapat dijadikan alternatif pendekatan dalam membelajarkan matematika. Pendekatan ini mengarahkan pemahaman siswa pada kenyataaan bahwa matematika sangat dekat dengan kehidupan mereka, sehingga belajar matematika menjadi lebih bermanfaat dan bermakna. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas IV pada sifat-sifat bangun ruang (balok dan kubus). Keberhasilan penelitian ini dapat ditunjukan melalui tes yang telah diperoleh. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau 75% dan yang belum tuntas 5 siswa atau 25% dengan rata-rata kelas 70, siklus II yang tuntas seban yak 20 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 85,5 dan siklus III prestasi siswa 100% mampu mencapai nilai KKM yang ditentukan dan dengan rata-rata kelas 95.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2016 01:54 |
Last Modified: | 17 Feb 2016 01:54 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/233 |
Actions (login required)
View Item |