STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA DAN SMP ISLAM SULTAN FATTAH TAHUN AJARAN 2023-2024

Ningrum, Titis Sekar (2025) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMP ISLAM AL-AZHAR 18 SALATIGA DAN SMP ISLAM SULTAN FATTAH TAHUN AJARAN 2023-2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS Titis Sekar Ningrum 1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
TESIS Titis Sekar Ningrum 1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dan SMP Islam Sultan Fattah tahun ajaran 2023-2024. Hal ini, terdapat fokus utama yang dibahas, yaitu: (1) strategi guru PAI dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dan SMP Islam Sultan Fattah (2) implikasi strategi guru PAI terhadap pengembangan perilaku siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dan SMP Islam Sultan Fattah (3) faktor penghambat dan pendukung strategi guru PAI dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dan SMP Islam Sultan Fattah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis kualitatif, yang mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan yang diverifikasi. Data dikumpulkan melalui interaksi langsung dengan guru, siswa, dan lingkungan sekolah untuk memahami penerapan strategi pembinaan karakter religius. Temuan hasil penelitian ini membahas strategi guru PAI dalam pembinaan karakter religius siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga dan SMP Islam Sultan Fattah, dengan fokus pada enam indikator: taat kepada Allah, percaya diri, mandiri, cinta ilmu, jujur, dan taat peraturan. SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga menggunakan pendekatan yang menyeimbangkan nilai spiritual dan intelektual melalui program keagamaan, literasi, dan pendekatan berbasis proyek. Implikasi strategi ini terlihat dari peningkatan ketaatan siswa terhadap ajaran agama, kepercayaan diri, dan disiplin, meskipun ada tantangan seperti kurangnya sinergi dengan keluarga dan pengaruh era digital. Faktor pendukungnya meliputi lingkungan Islami dan keterlibatan aktif komunitas. Sementara di SMP Islam Sultan Fattah, strategi pembinaan karakter lebih fokus pada pembiasaan disiplin melalui kegiatan keagamaan rutin dan lingkungan pesantren. Implikasinya adalah peningkatan kemandirian, kejujuran, dan disiplin siswa, meskipun tantangan muncul dari pengaruh sosial negatif dan keterbatasan fasilitas. Faktor pendukung mencakup pengawasan ketat, keterlibatan orang tua, dan fasilitas keagamaan yang memadai. Kata Kunci: strategi, guru PAI, pembinaan, karakter religius, siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2025 18:47
Last Modified: 13 Mar 2025 18:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23328

Actions (login required)

View Item View Item