PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-WATHONIYAH PUSAT KLENDER JAKARTA TAHUN 1935-1984

Fauziyyah, Syifa (2025) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-WATHONIYAH PUSAT KLENDER JAKARTA TAHUN 1935-1984. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI SYIFA FAUZIYYAH .docx12 (1) (1) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Syifa Fauziyyah'. 2024. Perkembangan Pondok Pesantren Al-Wathoniyah Pusat Klender Jakarta Tahun 1935-1984. Skripsi. Program Studi Sejarah Peradban Islam, Fakultas Ushuludin Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Penelitian ini dilatar belakangi oleh keberadaan Pondok Pesantren Al-Wathoniyah sebagai salah satu pondok pesantren tua yang berada di kota Jakarta. Didirikan pada tahun 1935 oleh Hasbiyallah, meskipun termasuk pondok pesantren tua, Pondok Pesantren Al-Wathoniyah mampu berkembang dan mempertahankan eksistensinya dalam kurun waktu yang relatif lama. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan Pondok Pesantren Al-Wathoniyah Pusat Klender Jakarta tahun 1935-1984? Adapun dalam penulisan ini adalah untuk mengetahui awal mula terbentuknya Pondok Pesantren Al-Wathoniyah Pusat Klender Jakarta, serta bentuk-bentuk perkembangan Pondok Pesantren Al-wathoniyah Pusat Klender Jakarta. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari heuristik, verifikasi atau kritik, interpretasi, dan historiografi. Adapun lingkup spasial dalam penelitian ini adalah Pondok Pesantren Al-Wathoniyah Pusat Klender. Pada tahun 1935 masih dalam era Kolonial Belanda , wilayah Klender masuk ke wilayah Regentschap Bekasi. Selanjutnya, di era pendudukan Jepang hingga pasca kemerdekaan tahun 1942-1959, wilayah Klender masuk dalam pemekeran wilayah Kotapraja Jakarta. Pada tahun 1961, status Kotapraja Jakarta diubah menjadi Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta, berdasarkan hal itu Klender masuk ke wilayah DKI Jakarta sejak tahun 1961-1984. Sementara itu, batasan temporal pada penelitian ini adalah periode tahun 1935-1984. Pada tahun tersebut Pondok Pesantren Al-Wathoniyah berkembang pesat di bawah kepemimpinan K.H. Hasbiyallah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, Pondok Pesantren Al-Wathoniyah bermula dirintis dari Pengajian Riyadhul Fityan di Klender oleh Gayar pada tahun sekitar 1900-an. Selanjutnya, di bawah kepemimpinan Hasbiyallah, Pengajian Riyadhul Fityan berubah menjadi sebuah Pondok Pesantren pada tahun 1935. Pendirian pondok pesantren dilatarbelakangi oleh minimnya akses pendidikan bagi rakyat biasa dan terjadinya degradasi budaya yang bersifat permisif, yang tidak sesuai dengan budaya timur dan ajaran agama Islam. Pada tahun 1973-1977, Hasbiyallah melakukan perluasan kelembagaan melalui pembentukan lembaga pendidikan formal berbasis keagamaan. Tujuan utamanya adalah untuk memantau secara langsung terhadap para santri selama proses pembelajaran, tanpa mengharuskan mereka pulang pergi setiap hari. Hal tersebut disebabkan oleh keterbatasan sarana transportasi pada masa itu. Selanjutnya, pada tahun 1977-1983 Hasbiyallah melakukan perluasan jaringan pendidikan melalui jejaring alumni, sehingga pada tahun 1983 berdiri 3 cabang Madrasah Al-Wathoniyah. Selain itu, pada tahun 1984, Dudung Sa’dullah mendirikan lembaga pendidikan formal berbasis umum. Hal ini bertujuan unutuk memberikan pendidikan yang tidak hanya berfokus pada pengembangan keterampilan, tetapi juga menanamkan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar keislaman kepada para siswa, termasuk yang berasal dari luar lingkungan Pondok Pesantren Al-Wathoniyah. Kata Kunci: Perkembangan, Lembaga Pendidikan Islam, Pondok Pesantren, Al-Wathoniyah Pusat Klender

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Mar 2025 18:43
Last Modified: 14 Mar 2025 18:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23359

Actions (login required)

View Item View Item