zamzami, I'dad (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EKOLOGI DAN KEANEKARAGAMAN HAYATI BERBASIS CANVA UNTUK SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
IDAD ZAMZAMI (23060200039) cetak Hard cover.pdf Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Zamzami, I’dad. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Berbasis Canva untuk Siswa Kelas VII di SMPN 1 Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris IPA Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Arif Billah, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran; Canva; Ekologi; Keanekaragaman Hayati Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis kebutuhan penelitian, karakteristik, validitas, dan kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran ekologi dan keanekaragaman hayati berbasis canva untuk siswa kelas VII di SMPN 1 Salatiga. Penelitian ini termasuk jenis metode penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) melalui modifikasi prosedur penelitian pengembangan Borg dan Gall. Tahapan prosedur penelitian pengembangan terdiri atas 5 tahapan, yakni studi pendahuluan, membuat desain produk, melakukan validasi produk, melakukan revisi produk, dan melakukan uji coba lapangan. Hasil penelitian berupa adanya kebutuhan media pembelajaran berbasis canva pada materi ekologi dan keanekargaman hayati untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Produk pengembangan berbentuk media pembelajaran berbasis canva yang dapat diakses melalui website, tampilan menarik, interaktif dan dilengkapi dengan soal evaluasi berindikator keterampilan berpikir kritis. Produk pengembangan telah divalidasi dan dinyatakan sangat layak dengan persentase penilaian ahli materi sebesar 94,20% dan ahli media sebesar 88,45%. Produk pengembangan juga telah dinyatakan praktis dengan nilai sebesar 94,23% oleh praktisi dan sebesar 79,25% oleh siswa atau pengguna.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 06:06 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 06:06 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23410 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |