ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Afifah, Nuha Nur (2025) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL SISTEM PERSAMAAN LINIER TIGA VARIABEL (SPLTV) DITINJAU DARI SELF EFFICACY PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
SKRIPSI NUHA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Afifah, Nuha, Nur. 2025. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel ditinjau dari Self Efficacy pada Kelas X SMA Negeri 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Wulan Izzatul Himmah, M.Pd. Kata kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah, SPLTV, Self Efficacy Tujuan penelitian ini diantara lain untuk mengetahui kemampuan pemecahaan masalah yang ditinjau dari self-efficacy berdasarkan langkah-langkah teori Polya pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Subyek penelitian berasal dari kelas X2 SMAN 1 Tengaran dan ditentukan dengan teknik purposive sampling. Subyek penelitian ini untuk self-efficacy menggunakan seluruh siswa kelas X2, sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah menggunakan 3 siswa yang telah dipilih berdasarkan tiap kategori pada self-efficacy siswa. Data dikumpulkan melalui angket, tes, dan wawancara, sedangakan validitas data menggunakan teknik triangulasi metode untuk keakuratan data. Analisis data menggunakan model induktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data penelitian, ditemukan bahwa siswa dengan tingkat self-efficacy yang berbeda menunjukkan kemampuan pemecahan masalah yang berbeda pula dalam menyelesaikan soal. Dapat dilihat dari penelitian yang dilakukan peneliti pada kelas X2 di SMA Negeri 1 Tengaran, peneliti mengambil beberapa siswa yang mewakili tiap kategori dengan nilai tertinggi pada angket self-efficacy dan berdiskusi terhadap guru mata pelajaran tersebut dan menghasilkan masing-masing 1 siswa pada tiap kategori self-efficacy sebagai berikut: (1). Siswa LMO yang memiliki kategori self-efficacy tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah yang baik menurut teori Polya, (2). Siswa ANK yang memiliki kategori self-efficacy sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah yang sedang hanya memenuhi sebagian teori Polya, (3). Siswa UK yang memiliki kategori self-efficacy rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah yang rendah karena kurang memahami dalam menyelesaikan masalah soal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2025 16:58
Last Modified: 19 Mar 2025 16:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23450

Actions (login required)

View Item View Item