ANALISIS SINEMATOGRAFI IKLAN GOJEK "JALANIN RAMADAN? GOJEK SIAP BANTU KAMU"

Huda, Miftahul (2025) ANALISIS SINEMATOGRAFI IKLAN GOJEK "JALANIN RAMADAN? GOJEK SIAP BANTU KAMU". Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI MIFTAHUL HUDA 43010190109 fix.pdf

Download (4MB)

Abstract

Huda, Miftahul. 2024. Analisis Sinematografi Iklan Gojek “Jalanin Ramadan? Gojek Siap Bantu Kamu”. Skripsi, Komunikasi dan Penyiaran Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Sinematografi; Iklan; Gojek. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana analisis sinematografi iklan gojek Ramadan yang bertema “Jalanin Ramadan? Gojek Siap Bantu Kamu”. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kritis. Data yang didapat selanjutnya dianalisa dan dituliskan dalam deskriptif yang memiliki tujuan untuk menjawab rumusan masalah yang telah dirumuskan secara mendalam. Penelitian kualitatif peneliti akan mengenali subjek serta merasakan apa yang dialami oleh mereka dalam kehidupan sehari hari. Menurut definisi ini penelitian kualitatif akan menghasilkan data deskriptif yang rinci dari suatu kejadian yang di teliti. Metode yang digunakan untuk menganalisa penelitian ini ialah metode riset semiotik. Penelitian ini menggunakan teori analisis semiotika model Roland Barthes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknik sinematografi yang beragam dan seimbang dalam iklan ini menunjukkan efektivitas strategi visual dalam mendukung pesan naratif. Penggunaan dominan rule of thirds dan eye angle memperkuat koneksi emosional, sementara variasi type shot memberikan dimensi yang lebih kaya pada penyampaian cerita. Pendekatan ini memberikan inspirasi bagi pembuat konten visual lainnya untuk memadukan elemen teknis sinematografi dengan narasi yang relevan dan relatable.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Mar 2025 21:10
Last Modified: 19 Mar 2025 21:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23463

Actions (login required)

View Item View Item