EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA POSTER DIGITAL MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IT BINA AMAL SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

, Dwi Ilham Fadilah (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTU MEDIA POSTER DIGITAL MATERI BUMI DAN TATA SURYA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP IT BINA AMAL SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
DWI ILHAM FADILAH_23060190104.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DWI ILHAM FADILAH_23060190104.pdf

Download (4MB)

Abstract

Fadilah, Dwi Ilham 2024. Efektivitas Model Pembelajaran PjBL Berbantu Media Poster Digital ABumi dan Tata Surya terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP IT Bina Amal Semarang Tahun Akademik 2023/2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran PjBL dengan berbantu media poster digital terhadap prestasi belajar siswa pada saat proses pembelajaran IPA dengan pembahasan tentang bumi dan tata surya di kalangan para siswa kelas VII SMP IT Bina amal tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan model penelitian kuantitatif berjenis pre experimental dengan desain one group pretest-posttest design. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel yang diambil sekitar 33 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument berupa tes dan non tes. Data yang diujikan dalam tes berbentuk pilihan ganda berjumlah 10 butir dengan kesukaran sedang yang diperoleh melalui pretest dan posttest. Sedangkan, data non tes diperoleh melalui angket yang berisi tanggapan siswa terhadap aktivitas Kegiatan Belajar Mengajar yang berlangsung. Untuk menganalisis data, peneliti menerapkan Uji T-test, Uji normalitas, serta Uji homogenitas dengan aplikasi program SPSS 22.0. Berdasarkan analisis data didapatkan Nilai thitung yang berupa (44,497) > ttabel (1,697) dengan derajat kebebasan (df) sebesar 32. Nilai signifikansi (Sig. 2 tailed) yang didapatkan ialah 0,000 < 0,05 Dikarenakan nilai signifikansi kurang dari 0,05, sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa model pembelajaran PjBL berbantu media poster digital sangat efektif apabila diterapkan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2025 05:39
Last Modified: 20 Mar 2025 05:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23473

Actions (login required)

View Item View Item