PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CTL PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024

ABABIL, FIAN (2025) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI STATISTIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CTL PADA SISWA KELAS VIII E SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi FIAN ABABIL 23070180073.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Skripsi FIAN ABABIL 23070180073.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ababil, Fian. 2024. Peningkatan hasil belajar materi statistika dalam pembelajaran matematika menggunakan model CTL pada siswa kelas VIII E SMP N 1 Susukan Kabupaten Semarang tahun ajaran 2023/2024. Skripsi. Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar, Model Pembelajaran CTL, Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana model CTL (Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan kualitas pembelajaran matematika materi statistika siswa kelas VIII E SMP N 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun 2023/2024. Skripsi ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Adapun metode observasi digunakan untuk mengamati, mendengarkan dan mencatat secara langsung terhadap pelaksanaan proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam penerapan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dalam pembelajaran matematika materi statistika. Kemudian metode dokumentasi digunakan sebagai bukti dan fakta di lapangan bahwa peneliti memiliki data dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian dimulai dari nilai pra siklus, siklus I sampai siklus II yaitu pada tahap Pra Siklus rata-rata siswa 63,39 untuk presentase ketuntasan pada pra siklus yaitu 32,14% dan presentase belum tuntas 67,86% dari jumlah siswa 28 orang. Sedangkan pada siklus I , menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari 28 siswa yaitu 71,60 untuk 16 siswa tuntas dengan presentase 57,14% dan 12 siswa belum tuntas dengan presentase 42,86% Dan pada siklus II menunjukkan peningkatan rata-rata nilai siswa yaitu 90.3 dimana 25 siswa tuntas dengan presentase 89,29% dan 3 siswa belum tuntas dengan presentase 10,71%. Sedangkan data ketuntasan klasikal yang harus dicapai ≥85 %, maka data presentasi Pra Siklus sampai dengan Siklus II sebagai berikut: Pra Siklus 32,14%, Siklus I 57,14% dan Siklus II 89,29%. Maka hasil yang didapatkan sudah melebihi target yaitu 89,29%. Oleh karena itu, penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi Statistika pada peserta didik kelas VIII E SMP N 1 Susukan Kabupaten Semarang Ajaran 2023/2024.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Mar 2025 18:03
Last Modified: 20 Mar 2025 18:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23488

Actions (login required)

View Item View Item