PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR MELALUI APLIKASI WORDWALL TERINTEGRASI TEAMS GAMES TOURNAMENT PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Muallifah, Atika (2025) PENGEMBANGAN MEDIA RODA PUTAR MELALUI APLIKASI WORDWALL TERINTEGRASI TEAMS GAMES TOURNAMENT PELAJARAN IPAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)
[img] Text
final thesis Atika.pdf

Download (3MB)

Abstract

Atika Muallifah 2025. Pengembangan Roda Putar Melalui Wordwall Terintegrasi Teams Games Tournament Pelajaran IPAS Terhadap Hasil Belajar Siswa. Program Pascasarjana Guruan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Maslikhah, S.Ag., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kebutuhan pengembangan; menyusun pengembangan dan menguji efektivitas pengembangan media roda putar melalui Wordwall terintegrasi TGT pelajaran IPAS terhadap hasil belajar di MI Nurul Huda Karanggondang Kabupaten Boyolali. Metode penelitian ini adalah R&D dengan lima langkah yaitu analyze, design, develop, implement, evaluate (ADDIE). Lokasi penelitian di MI Nurul Huda Karanggondang Kabupaten Boyolali. Teknik pengumpulan data dengan pretest dan posttest Kelas eksperimen dan kontrol, wawancara, dan focus group discussion, dan divalidasi oleh ahli materi, media dan pengguna media. Hasil dari penelitian ini yaitu analisis kebutuhan mengenai roda putar melalui Wordwall terintegrasi TGT pelajaran IPAS terhadap hasil belajar adalah dengan media roda putar melalui aplikasi Wordwall berbasis online tidak diperlukan variansi warna; pemberian soal pada media roda putar 25 soal; pembagian kelompok; penilaian individual dan kelompok; pemberian reward cukup pada kelompok dengan nilai tertinggi, penggunaan font default; tulisan dicetak tebal; menggunakan desain nila, penulisan soal diberikan gambar yang sesuai; desain tampilan memasukkan logo UIN Salatiga dan identitas peneliti; pemberian suara notifikasi jawaban; suara pembaca soal; dan suara pengiring permainan. Bentuk pengembangan media roda putar melalui aplikasi Wordwall yaitu terfokus pada desain nomor disamakan semua, desain Wordwall menggunakan nila, pembagian materi siang dan malam secara rinci ke dalam 25 pertanyaan, media roda putar dapat dibuka di mana saja dan kapan saja. Hasil Uji normalitas adalah normal dengan nilai >0,5, sedangkan hasil uji homogenitas nilai signifikasi (sig) Base on mean adalah sebesar 0,386> 0,05, varians data posttest Kelas ekperimen dan data posttest Kelas kontrol adalah sama atau homogen, Hasil independent sample t test hasil belajar siswa kelas ekperimen 87,50 dengan Kelas kontrol 77,75 dengan demikian penggunaan media roda putar melalui Wordwall terintegrasi TGT efektif. Hasil dari uji N G score dengan rata-rata 62,5198 dengan pembulatan menjadi 62,5 maka dinyatakan bahwa penggunaan media roda putar melalui aplikasi Wordwall terintegrasi TGT cukup efektif dengan acuan tabel tafsiran bahwa diatas 56 dikatakan cukup efektif. Kata Kunci: Pengembangan, Model Pembelajaran TGT, Media Roda Putar melalui Wordwall, Hasil Belajar IPAS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2025 10:49
Last Modified: 21 Mar 2025 10:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23539

Actions (login required)

View Item View Item