ANALISIS SRATEGI DAKWAH MELALUI SHOLAWATAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (@Majelis Gandrung Nabi Official)

, AMIRUL AFTHON (2025) ANALISIS SRATEGI DAKWAH MELALUI SHOLAWATAN DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE (@Majelis Gandrung Nabi Official). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AMIRUL AFTHON.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AMIRUL AFTHON.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AMIRUL AFTHON.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AMIRUL AFTHON.pdf

Download (4MB)

Abstract

Afthon, Amirul. 43010200088, Analisis Strategi Dakwah melalui Sholawatan di media sosial YouTube (@Majelis Gandrung Nabi Official). Skripsi, Salatiga: Program studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga, 2024. Pembimbing: Prof. Katolani, M. Ag., Ph.D. Kata kunci: Strategi dakwah, Media Sosial YouTube, Majelis Gandrung Nabi Tujuan penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana strategi dakwah yang digunakan Majelis Gandrung Nabi melalui media sosial YouTube (@Majelis Gandrung Nabi Official), 2. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dakwah di media sosial YouTube (@Majelis Gandrung Nabi Official). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif, lokasi penelitian di chanel YouTube (@Majelis Gandrung Nabi Official). Teknik yang digunakan peneliti untuk mengumpulkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan strategi dakwah yang digunakan Majelis Gandrung Nabi melalui media sosial YouTube (@Majelis Gandrung Nabi Official) dengan tiga strategi yaitu: 1. Konten sholawat dipadukan dengan hadroh dan isian pengajian, 2. Kolaborasi antara Da’I populer, 3. konten live streaming dan konsistensi pengunggahan video dengan audio visual yang berkualitas. Strategi ini sangat cocok digunakan di media sosial YouTube untuk memperluas jangkauan dakwah. 1. Faktor pendukung dalam pelaksanaan strategi dakwah dalam memanfaatkan teknologi dan medsos untuk menyebarkan dakwah seperti, adanya komunikasi efektif antar anggota tim, fasilitas lengkap dan dukungan logistik menjamin kesuksesan acara, 2. Faktor penghambat seperti, keterbatasan individu dalam menyelesaikan pembuatan konten, konflik antar kelompok dan individu dalam segi isi pembuatan konten, terkait keterbatasan teknis dalam editing konten yang juga memerlukan kreatifitas terkait audio visual konten, dan faktor eksternal seperti bahwa cuaca buruk atau lokasi yang tidak strategis dapat menyebabkan keterlambatan dan mengganggu kelancaran acara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2025 18:22
Last Modified: 21 Mar 2025 18:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23575

Actions (login required)

View Item View Item