Erliana, (2025) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MEMBACA SISWA DALAM MENENTUKAN UNSUR INTRINSIK PESAN MORAL PADA CERITA LEGENDA SISWA KELAS V SD NEGERI 1 NGAGRONG KECAMATAN GLADAGSARI TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI ERLIANA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ERLIANA.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI ERLIANA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk menganalisis kemampuan literasi membaca siswa kelas V di SD Negeri 1 Ngagrong melalui sebuah soal menentukan unsur intrinsik sebuah cerita legenda. Penelitian ini juga bertujuan untuk memaparkan hasil analisis kemampuan literasi membaca siswa kelas V SD Negeri 1 Ngagrong juga memberikan solusi untuk tantangan-tantangan yang ada agar anak memiliki kemampuan literasi yang baik. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan instrumen berupa observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis mendeskripsikan kemampuan literasi yang dimiliki siswa kelas V SDN 1 Ngagrong dalam menentukan unsur intrinsik pesan moral pada cerita legenda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas V di SD Negeri 1 Ngagrong telah cukup mampu dalam menentukan unsur intrinsik pesan moral pada cerita legenda sehingga mereka sudah mampu dalam kemampuan literasi membaca yang dimana terdapat 6 siswa sangat mampu, 13 siswa mampu, 5 siswa cukup mampu, dan hanya ada 4 siswa yang kurang mampu dalam Literasi membaca. Jadi, dikatakan lebih banyak anak yang sudah mampu dalam Literasi membaca. Tapi masih perlu adanya peningkatan lagi terhadap kemampuan Literasi membaca siswa terutama dalam soal yang mengacu pada mengembangkan interprestasi dan mengintegrasi juga penggabungan informasi sebelumnya dengan informasi di luar teks jadi perlu adanya dukungan dari pihak sekolah juga orangtua siswa-siswi. Seperti adanya media belajar yang menarik dan diminati oleh siswa-siswi utuk pengembangan kemampuan literasi membaca siswa, adanya motivasi yang diberikan oleh guru dan orangtua, serta perlu adanya sebuah tindakan dari pihak sekolah juga orangtua dalam menangani tantangan-tantangan yang menghambat pengembangan kemampuan Literasi membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 18:24 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 18:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |