ANALISIS SENTIMEN TERHADAP JANJI CALON PRESIDEN 2024 PADA KONTEN TIKTOK

Fikriansyah, Alawi Nur (2025) ANALISIS SENTIMEN TERHADAP JANJI CALON PRESIDEN 2024 PADA KONTEN TIKTOK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Alawi Nur Fikriansyah.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fikriansyah, Alawi Nur. 2024. Analisis Sentimen Terhadap Janji Calon Presiden 2024 Pada Konten Tiktok . Skripsi. Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Rifqi Fairuz, M.A. Kata Kunci: Analisis Sentimen, Calon Presiden, Tiktok. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan 1) Untuk Mengetahui Persepsi Masyarakat Pengguna Media Sosial Tiktokterhadap “Janji Calon Presiden 2024. 2) Untuk Mengetahui Tinjauan Sentimen Masyarakat Pengguna Media Sosial Tiktok terhadap konten “Janji Calon Presiden 2024”. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan Analisis Sentimen. Dalam penelitian ini akan dilakukan proses klasifikasi komentar (Positif, Netral, Negatif) pengguna sosial media tiktok terhadap konten Janji Calon Presiden 2024. Pada penelitian ini menggunakan Analisis Sentimen sebagai teori baku dan didukung oleh Teori New Media sebagai teori pendukung. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan web berbasis analisis kualitatif bernama Tagguette untuk mengkategorikan sentimen dari setiap kata yang memiliki sifat sentimennya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) hasil dari Analisis Sentimen “Janji Calon Presiden” pada media sosial Tiktok menggunakan web Taguette sistem pembantu Penelitian Kualitatif, 100 data komentar yang diambil sebagai sampel masuk kategori sentimen positif, netral dan negatif pada setiap akun Calon Presiden. Pada konten Anies Baswedan sebanyak 83 sentimen positif, 10 sentimen netral dan 7 sentimen negatif, Pada konten Prabowo Subianto sebanyak 76 sentimen positif, 11 sentimen netral dan 13 sentimen negatif, pada konten Ganjar Pranowo sebanyak 73 sentimen positif, 4 sentimen netral, dan 23 sentimen negatif. Pengaruh Konteks Politik Hasil penelitian menunjukkan bahwa konteks politik yang berkembang, termasuk peristiwa-peristiwa politik terkini dan narasi media, memainkan peran penting dalam membentuk sentimen masyarakat terhadap janjijanji Calon Presiden. Ini sesuai dengan teori ekonomi politik media yang menyoroti bagaimana kepentingan politik dan ekonomi mempengaruhi cara informasi disajikan dan diterima.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Apr 2025 20:17
Last Modified: 11 Apr 2025 20:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23655

Actions (login required)

View Item View Item