STRATEGI KOMUNIKASI BAPAK LAMTUJI DALAM MEMASARKAN BERAS HITAM DI DESA KETANGGI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG

Sukma, Deny Aditya (2025) STRATEGI KOMUNIKASI BAPAK LAMTUJI DALAM MEMASARKAN BERAS HITAM DI DESA KETANGGI KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI DENY ADITYA SUKMA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DENY ADITYA SUKMA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DENY ADITYA SUKMA .pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI DENY ADITYA SUKMA .pdf

Download (3MB)

Abstract

Sukma. Deny Aditya. 2024. Strategi Komunikasi Bapak Lamtuji dalam Memasarkan Beras Hitam Di Desa Ketanggi Kecamatan Suruh Kabupaten semarang. Skripsi, Salatiga : Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dra. Maryatin, M.Pd. Kata Kunci : Strategi Komunikasi, Pemasaran Komunikasi etis penting bagi pebisnis karena melibatkan peraturan pemerintah dan asosiasi profesi, serta memiliki konsekuensi hukum. Komunikasi korporat juga terus berkembang seiring kemajuan bisnis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan strategi komunikasi yang digunakan oleh Bapak Lamtuji dalam memasarkan produk beras hitam. Pertanyaan yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Bapak Lamtuji dalam memasarkan produk beras hitam kepada konsumen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan oleh penulis yakni berasal dari wawancara bersama Bapak Lamtuji serta dokumentasi dan catatan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari Penelitian ini menunjukkan bahwa keberhasilan bisnis beras hitam Bapak Lamtuji membuktikan bahwa strategi pemasaran tidak harus bergantung pada teknologi modern. Meskipun teknologi mempercepat komunikasi, efektivitas komunikasi yang tepat dengan konsumen lebih penting, terutama untuk pasar pedesaan yang kurang terbiasa dengan teknologi. Bapak Lamtuji menerapkan strategi komunikasi pemasaran konvensional yang melibatkan interaksi langsung dengan konsumen, memberikan pengalaman produk yang baik, serta menawarkan potongan harga dan insentif untuk konsumen loyal, yang terbukti efektif dalam memastikan keberhasilan dan kelangsungan bisnisnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2025 19:28
Last Modified: 14 Apr 2025 19:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23669

Actions (login required)

View Item View Item