Imani, Aulia Isna Nur (2025) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTU ALAT LINGKARAN DI KELAS XI SMK TELEKOMUNIKASI TUNAS HARAPAN TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Aulia Isna Nur Imani _23070200022_skripsi.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Aulia Isna Nur Imani _23070200022_skripsi.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Aulia Isna Nur Imani _23070200022_skripsi.pdf Download (5MB) |
Abstract
Imani,Aulia Isna Nur.2024.Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Problem Based Learning Dengan Pendekatan Kontekstual Berbantu Alat Lingkaran Di Kelas XI SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga:Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatig, Pembimbing: Enika Wulandari, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learing, Pendekatan Kontekstual dan Alat Lingkaran Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika materi lingkaran menggunakan model pembelajaran problem based learning dengan pendekatan kontekstual berbantu alat peraga pada siswa kelas XI F SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 29 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, observasi dan dokumentasi. Analisis yang digunakan peneliti adalah membandingkan pencapaian hasil belajar siswa dengan nilai KTTP yang telah ditentukan dari sekolah yaitu 60 serta kriteria ketuntasan klasikal ditiap siklus sebesar 80%. Pada siklus I penerapan model problem based learning dengan pendekatan kontekstual berbantu alat peraga diperoleh hasil belajar yaitu 19 siswa tuntas (66%) serta 10 siswa tidak tuntas (34%) dengan rata-rata nilai kelas adalah 72. Sedangkan pada siklus II terdapat 24 siswa tuntas atau mencapai KKTP (83%) dan 5 siswa tidak tuntas atau dibawah KKTP (17%) dengan rata-rata nilai kelas yaituu 81. Dari data yang telah dijabarkan tadi dapat dikatakan bahwa penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil dengan menerapkan model problem based learning dengan pendekatan kontekstual berbantu alat lingkaran pada siswa kelas XI F SMK Telekomunikasi Tunas Harapan Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 20:42 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 20:42 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23673 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |