PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SD NEGERI DUKUH 01 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Ni'mah, Choirun (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING ( PBL ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS III SD NEGERI DUKUH 01 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI CHOIRUN NI'MAH 23040200069.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ni’mah, Choirun. 2024. Penerapan Model Problem Based Learning ( PBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas III SD Negeri Dukuh 01 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Rasimin, M.Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning ( PBL ) , Hasil Belajar, Mata pelajaran IPAS Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Dukuh 01 Salatiga, pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus, yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Dukuh 01 Salatiga, dengan jumlah peserta sebanyak 27 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar pada setiap siklus. Hasil pra siklus menujukkan 14 siswa tuntas dengan presentase 52%, dan nilai rata-rata 65%. Selanjutnya pada siklus I diketahui 19 siswa tuntas dengan presentase 71%, dan rata-rata 72%. Pada siklus II diketahui ada 23 siswa yang tuntas dengan presentase 85%, dan rata-ratanya 79%. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran IPAS. Karena nilai sudah mencapai KKTP yang telah di tetapkan, yaitu 80% siswa mencapai nilai 70 atau lebih, yang memenuhi kriteria pencapaian. Maka dari itu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dinyatakan berhasil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2025 20:53
Last Modified: 16 Apr 2025 20:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23687

Actions (login required)

View Item View Item