Fitriyani, Anissa (2025) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK IT AL FITROH GENDONGAN TINGKIR SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ANISSA FITRIYANI 23050200053.pdf Download (4MB) |
Abstract
Fitriyani Anissa. 2025. Implementasi Metode Ummi dalam Menghafal Surat-Surat Pendek pada Anak Usia 5-6 tahun di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Jurusan Guru Kelas. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Implementasi, Metode Ummi, Menghafal Surat-Surat Pendek Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui metode Ummi pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga. (2) Untuk mengetahui implementasi metode Ummi pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga. (3) Untuk mengetahui problematika dalam pelaksanaan metode Ummi pada anak usia 5-6 tahun di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk tektik keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian mengenai Implementasi Metode Ummi dalam Menghafal Surat-Surat Pendek pada Anak Usia 5-6 tahun di TKIT Al Fitroh Gendongan Tingkir Salatiga yaitu. Hasil ini juga menunjukkan bahwa: (1) Adanya metode ini memudahkan dan mempercepat hafalan anak yang dilakukan pada setiap hari senin dan rata-rata banyak jadwal pelajaran yang dilakukan oleh guru setiap hari supaya anak terbiasa dengan metode Ummi dan memudahkan dalam hafalanan anak. (2) Pembelajaran menghafal surat-surat pendek harus ditekankan melalui tujuh tahapan yaitu pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, keterampilan, evaluasi, dan penutup. (3) Tidak banyak orang tua mengulas kembaliapa yang telah anak pelajari di sekolahan, karena orang tua sibuk bekerja sehingga tidak ada waktu untuk belajar dengan anak. Ada juga orang tua yang mengulas kembali namun hal ini tak banyak dilakukan oleh orang tua.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Apr 2025 03:17 |
Last Modified: | 21 Apr 2025 03:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23701 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |