Efektivitas Model Pembelajaran Synectics Mind Mapping and Cooperative Learning (SM2CL) Pada Pokok Bahasan Struktur Bumi Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Pulutan Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025

, Hanum Nurul Ilmi (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Synectics Mind Mapping and Cooperative Learning (SM2CL) Pada Pokok Bahasan Struktur Bumi Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas VIII SMP Dharma Lestari Pulutan Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Hanum Nurul Ilmi 23060210057 TIPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hanum Nurul Ilmi 23060210057 TIPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hanum Nurul Ilmi 23060210057 TIPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hanum Nurul Ilmi 23060210057 TIPA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Hanum Nurul Ilmi 23060210057 TIPA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran SM2CL terhadap keterampilan berpikir analitis siswa pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Dharma Lestari pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen true experimental dalam bentuk control group pretest-posttest design. Populasi penelitian mencakup siswa kelas VIII di SMP Dharma Lestari Pulutan, Salatiga, pada tahun ajaran 2024/2025. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, sehingga diperoleh dua kelas, yaitu VIII B dan VIII C. Kelas VIII C ditetapkan sebagai kelompok eksperimen yang akan menerima pembelajaran dengan model SM2CL, sementara kelas VIII B berperan sebagai kelompok kontrol yang menjalani pembelajaran konvensional. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui pretest dan posttest, angket respon siswa, serta lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil uji dan analisis data penelitian efektivitas model pembelajaran SM2CL pada pokok bahasan Struktur Bumi terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Pulutan Salatiga tahun ajaran 2024/2025, diperoleh hasil uji hipotesis menggunakan uji statistik Independent Sample T-Test dengan nilai thitung sebesar 4,633 > ttabel 2,057 dan signifikansi 0,000 < 0,05. Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Selain itu, hasil analisis angket respon siswa terhadap pembelajaran mencapai 71% dan berada dalam kategori tinggi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran SM2CL memiliki efektivitas terhadap peningkatan keterampilan berpikir analitis siswa pada materi Struktur Bumi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2025 18:32
Last Modified: 04 Jun 2025 18:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23857

Actions (login required)

View Item View Item