IMPLEMENTASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 2 DAN SMPN 3 KOTA SALATIGA

Anam, Khairul (2025) IMPLEMENTASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 2 DAN SMPN 3 KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
IMPLEMENTASI MATERI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM MERDEKA PADA PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SMPN 2 DAN SMPN 3 KOTA SALATIGA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengkaji secara mendalam implementasi materi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 3 Kota Salatiga; (2) menelaah secara kritis implikasi implementasi materi PAI terhadap pelaksanaan P5 Kurikulum Merdeka di kedua sekolah tersebut; dan (3) mengeksplorasi faktor-faktor pendukung dan hambatan yang memengaruhi proses implementasi materi PAI dalam P5. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Keabsahan data diperiksa melalui teknik triangulasi data. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis disampaikan secara deskriptif untuk menggambarkan realitas implementasi secara mendalam dan kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara komprehensif, materi Pendidikan Agama Islam telah terimplementasi dalam pelaksanaan P5, baik secara eksplisit maupun implisit melalui berbagai aktivitas proyek; (2) implementasi materi PAI memberikan kontribusi positif terhadap keberlangsungan P5, sekaligus pelaksanaan P5 mendukung pencapaian capaian pembelajaran PAI; dan (3) faktor pendukung implementasi mencakup dukungan kebijakan sekolah, peran aktif guru, serta ketersediaan sarana dan prasarana. Adapun faktor penghambat meliputi keterbatasan waktu, heterogenitas tingkat pemahaman siswa, serta rendahnya keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2025 19:01
Last Modified: 04 Jun 2025 19:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23858

Actions (login required)

View Item View Item