Padmawati, Amilia Nikhe Yuwanita (2025) Efektivitas Model Pembelajaran Diskursus Multi Representasi Berbantuan Media Miniatur Diorama Pokok Bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati Terhadap Keterampilan Berpikir Analitis Siswa Kelas VII SMPN 2 Tengaran Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
![]() |
Text
Skripsi Amilia Nikhe.pdf Download (10MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berbantuan media miniatur diorama pokok bahasan Ekologi dan Keanekaragaman Hayati terhadap keterampilan berpikir analitis siswa kelas VII SMPN 2 Tengaran tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen dan desainnya adalah pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu siswa kelas VII di SMPN 2 Tengaran. Pemilihan sampel menggunakan cluster random sampling, didapatkan 2 kelas yaitu VII D sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen yang akan menerima perlakuan model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) berbantuan media miniatur diorama. Sedangkan pada kelas VII D menerima perlakuan menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tes pretest dan posttest, angket respon siswa dan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Hasil analisis data tes hasil pengukuran keterampilan berpikir analitis melalui pretest dan posttest pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest 49,12 dan posttest 62,35 dengan nilai tertinggi 90 dan nilai terendah 30. Sedangkan pada kelas eksperimen didapatkan hasil rata-rata nilai pretest 55 dan posttest 75,29 dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 50. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji statistik Independent Sample T-test diperoleh diperoleh -t_hitung -3,682 < -t_tabel -2,000 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dengan demikian, H_0 ditolak dan H_1 diterima. Hasil perhitungan skor lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran diskursus multi representasi (DMR) dihasilkan bahwa 91,2% langkah-langkah pembelajaran telah terlaksana. Serta respon peserta didik terhadap model pembelajaran Diskursus Multi Representasi (DMR) sebesar 80% termasuk kedalam kategori sedang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Diskursus Multi Representasi (DMR) berbantuan media miniatur diorama efektif terhadap keterampilan berpikir analitis siswa dan berdampak positif terhadap respon siswa kelas VII pokok bahasan ekologi dan keanekaragaman hayati di SMPN 2 Tengaran tahun ajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Jun 2025 19:03 |
Last Modified: | 04 Jun 2025 19:03 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23859 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |