EFEKTIVITAS BUKU SAKU MATEMATIKA (BUSAKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025

Wahyuningsih, Emi (2025) EFEKTIVITAS BUKU SAKU MATEMATIKA (BUSAKA) TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Skripsi Emi Wahyuningsih_004 Final.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menguji efektivitas buku saku matematika (busaka) terhadap kemampuan berhitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan metode True Experiment dan menggunakan Pretest-Posttest Control Group Design. Populasinya yaitu seluruh siswa kelas V MI Negeri Salatiga sejumlah 85 siswa, kemudian penentuan sampel menggunakan random sampling yang terdiri dari kelas V B (kelas kontrol) dan V C (kelas eksperimen). Metode untuk mengumpulkan data menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat bantu belajar buku saku matematika termasuk dalam kategori cukup efektif terhadap peningkatan kemampuan berhitung perkalian dan pembagian siswa kelas V MI Negeri Salatiga. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji normalitas melalui output SPSS statistic 26 diketahui nilai signifikasi tes kemampuan berhitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika pada kelas eksperimen sebanyak 0,162 > 0,05 dan kelas kontrol 0,405 > 0,05 yang berarti data tersebut berdistribusi normal. Sedangkan, pada uji homogenitas yaitu 0,074 , nilai tersebut lebih besar dari 0,05 yang berarti Ho diterima atau data dinyatakan homogen. Pada uji hipotesis dengan uji Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi 0,05 didapatkan nilai Sig(2 tailed) yaitu 0,007 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,007 < 0,05) berarti Ha diterima. Kemudian peneliti menggunakan sampel sebanyak 48 (20 orang dari kelas eksperimen dan 28 orang dari kelas kontrol). Sehingga df = (48-2 = 46) dengan taraf signifikan 0,025 diperoleh nilai ttabel = 2,013, dan thitung kemampuan berhitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika = 2,816. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung dan ttabel kemampuan berhitung perkalian dan pembagian mata pelajaran matematika 2,816 > 2,013, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Didukung pula dengan uji N-gain tingkat efektivitas penggunaan alat bantu belajar buku saku matematika didapatkan nilai rata-rata N gain persen sebesar 56,1566 yang termasuk dalam kategori cukup efektif dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 85,10 dan hasil posttest kelompok kontrol menggunakan pembelajaran secara konvensional mendapatkan skor rata rata 73,14.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Jun 2025 22:20
Last Modified: 04 Jun 2025 22:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23867

Actions (login required)

View Item View Item