Putri, Sylma Amanda (2025) Implementasi Media Pop- Up Book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MI Ma'arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
PGMI_SYLMA AMANDA PUTRI_23040210089.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
PGMI_SYLMA AMANDA PUTRI_23040210089.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
PGMI_SYLMA AMANDA PUTRI_23040210089.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
PGMI_SYLMA AMANDA PUTRI_23040210089.pdf Download (2MB) |
Abstract
Putri, Sylma Amanda. 2025. Implementasi Media Pop-up book Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Prof. Dr. Rasimin, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Implementasi; Pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia, (2) apa saja kendala yang dihadapi selama implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Sumber primer yang diperoleh peneliti adalah hasil wawancara dengan kepala madrasah, wali kelas IV, siswa kelas IV MI Ma’arif Kumpulrejo 02 dan wali murid siswa. Sumber sekunder yang diperoleh peneliti berupa data tertulis profil MI Ma’arif Kumpulrejo 02 dan dokumentasi-dokumentasi yang berkaitan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pengecekan keabsahan data dilakukan dengan metode triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi media pop-up book dalam pembelajaran bahasa indonesia dilakukan melalui tiga tahapan yaitu, tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran: (2) kendala yang dihadapi dalam pembelajaran meliputi 3 aspek, yaitu kendala dalam menyiapkan media pop-up book, seperti keterbatasan bahan dan biaya, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Kedua, kendala dalam proses pembuatan media, seperti keterbatasan waktu, kesulitan teknis, dan tantangan kerja kelompok. Ketiga, kendala setelah media selesai dibuat, yaitu daya tahan media yang rendah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 18:02 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 18:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23878 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |