ROSYADA, FIFIN ROYYANA (2025) PENGARUH KONSEP DIRI DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PERILAKU MENYONTEK SISWA MTS NU UNGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA-1_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA-1_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA-1_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI FIFIN ROYYANA ROSYADA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Rosyada, Fifin Royyana, 2025. Pengaruh Konsep Diri dan Religiusitas Terhadap Perilaku Menyontek Siswa MTs NU Ungaran Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga, Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kunci: Konsep Diri; Religiusitas; Perilaku Menyontek Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Apakah terdapat pengaruh konsep diri terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran. (2) Apakah terdapat pengaruh religiusitas terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran. (3) Apakah terdapat pengaruh konsep diri dan religiusitas terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis korelasi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan skala psikologis yang meliputi variabel konsep diri memakai teori dari Brooks dan Emmert dengan 6 indikator, variabel religiusitas memakai teori Glock & Stark dengan 5 aspek, dan variabel perilaku menyontek memakai teori Hetherington & Feldman dengan 4 aspek. Responden penelitian adalah siswa MTs NU Ungaran dengan jumlah 573 siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik Probality Sampling (random sampling) dengan teknik Simple Random Sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 85 siswa. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh konsep diri terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran sebesar 78,4%. Terdapat pengaruh religiusitas terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran sebesar 72,2%. Terdapat pengaruh konsep diri dan religiusitas terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran, dengan hasil analisis data uji hipotesis yang telah dilakukan dapat diketahui hasil f hitung 48,662 > 3,11 adapun hasil sig 0,000 < 0,05 serta nilai r-square 0,543 atau 54,3%. Sehingga dapat diartikan konsep diri dan religiusitas berpengaruh terhadap perilaku menyontek siswa sebesar 54,3% dan sisanya yaitu 45,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa variabel konsep diri dan religusitas memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku menyontek siswa MTs NU Ungaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Jun 2025 18:10 |
Last Modified: | 05 Jun 2025 18:10 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23879 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |