SARI, AGIL YUNIKA (2025) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBANTUAN MEDIA DADU TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PEUANG PADA SISWA KELAS X SMAS MUHAMMADIYAH PLUS SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi. Agil Yunika Sari_23070210002.fix.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Skripsi. Agil Yunika Sari_23070210002.fix.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
Skripsi. Agil Yunika Sari_23070210002.fix.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu terhadap hasil belajar matematika materi peluang pada siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025 dengan sampel peserta didik kelas X.E1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.E2 sebagai kelas kontrol sebanyak 55 peserta didik. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah total sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji normalitas dan homogenitas yang kemudian dilakukan uji hipotesis menggunakan uji independent sample test. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dan berdasarkan pembahasan penelitian, dapat disimpulkan bahwasanya model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu efektif terhadap hasi belajar peserta didik kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Pernyataan tersebut dapat dibuktikan dengan hasil uji hipotesis yang sudah dihitung, uji yang digunakan Independent Sample T-Test menghasilkan t_hitung=2,316 dan t_tabel=2,006 , karena t_hitung>t_tabel maka H_(0 ) ditolak dan H_1 diterima yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL dan siswa yang menggunakan model PBL. Selain itu, rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 82,26 > 75,28. Sehingga model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) berbantuan media dadu efektif terhadap hasil belajar matematika siswa kelas X SMAS Muhammadiyah Plus Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Jun 2025 07:57 |
Last Modified: | 06 Jun 2025 07:57 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23889 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |