PENGAYAAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA SYAIKH SHAFIYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI DI MTS. IBNU MAS'UD 01 JAMBU, KABUPATEN SEMARANG

, Ahmad Nur Fauzi (2025) PENGAYAAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA SYAIKH SHAFIYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI DI MTS. IBNU MAS'UD 01 JAMBU, KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS_AHMAD NUR FAUZI_NIM 12010220043 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_AHMAD NUR FAUZI_NIM 12010220043 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_AHMAD NUR FAUZI_NIM 12010220043 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_AHMAD NUR FAUZI_NIM 12010220043 (1).pdf

Download (2MB)
[img] Text
TESIS_AHMAD NUR FAUZI_NIM 12010220043 (1).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGAYAAN MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DENGAN BUKU SIRAH NABAWIYAH KARYA SYAIKH SHAFIYURRAHMAN AL-MUBARAKFURI DI MTS. IBNU MAS'UD 01 JAMBU, KABUPATEN SEMARANG Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, implementasi, dan evaluasi pengayaan mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dengan menggunakan buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri di MTs. Ibnu Mas‟ud 01 Jambu, Kabupaten Semarang. Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan materi SKI dalam buku Kemenag yang hanya membahas sebagian kecil dari kehidupan Nabi Muhammad SAW., sehingga diperlukan sumber ajar yang lebih komprehensif untuk memperkuat pemahaman siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian mencakup guru SKI, kepala madrasah, dan siswa kelas VII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengayaan materi dengan buku Sirah Nabawiyah dirancang secara sistematis melalui pemilihan materi yang sesuai, pendekatan tematik, serta pembelajaran berbasis diskusi dan presentasi kelompok. Implementasinya meningkatkan keterlibatan aktif siswa dan memperkuat pemahaman terhadap nilai-nilai keislaman yang diajarkan Nabi Muhammad SAW. Evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman konseptual, sikap religius, dan motivasi belajar siswa. Kontribusi penelitian ini dalam bidang keilmuan adalah menawarkan model pengayaan berbasis literatur klasik yang kontekstual dan aplikatif, serta memberikan landasan teoretis dan praktis bagi pengembangan kurikulum SKI yang lebih bermakna dan efektif dalam membentuk karakter siswa. Temuan ini juga dapat menjadi rujukan untuk inovasi pembelajaran di madrasah lainnya. Kata kunci: pengayaan, Sejarah Kebudayaan Islam, Sirah Nabawiyah, pendidikan Islam, karakter siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Jun 2025 03:07
Last Modified: 13 Jun 2025 03:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23897

Actions (login required)

View Item View Item