Zunani, Heppy Lovita (2025) PENGARUH PERILAKU INOVATIF DAN EXCELLENT SERVICE DALAM MENINGKATKAN LOYALITAS CUSTOMER PADA TENANT DESA WISATA DI KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi_Heppy_Lovita_Zunani (PI) UIN SALATIGA.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
Skripsi_Heppy_Lovita_Zunani (PI) UIN SALATIGA.pdf Download (4MB) |
Abstract
Zunani, Heppy Lovita. 2025. Pengaruh Perilaku Inovatif dan Excellent Service Dalam Meningkatkan Loyalitas Customer Pada Tenant Desa Wisata Kabupaten.Semaran). Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Juwita Artanti Kusumaningtyas, M.Cs. Kata kunci: perilaku inovatif; excellent service; loyalitas customer Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari perilaku inovatif dan excellent service terhadap loyalitas customer tenant Desa Wisata di Kabupaten Semarang. Permasalahan yang diangkat pada penelitian ini ialah: (1) Apakah ada pengaruh antara perilaku inovatif terhadap loyalitas customer tenant. (2) Apakah ada pengaruh antara excellent service terhadap loyalitas customer tenant. (3) Apakah ada pengaruh antara perilaku inovatif dan excellent service terhadap loyalitas customer tenant. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif kausal dengan teknik analisis regresi linier berganda. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh tenant Desa Wisata di Kabupaten Semarang. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Random Sampling dan yang terpilih adalah tenant Dusun Semilir dengan jumlah 60 orang dan seluruh tenant dijadikan sebagai sampel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regtesi linear berganda program SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perilaku inovatif memiliki hubungan positif dan signifikan dengan loyalitas customer, yang mana nilai koefisien regresi sebesar 0,341 dan nilai T hitung sebesar 11,594 > 2,00247 serta nilai sig 0,000. (2) Excellent service memiliki hubungan positif dan signifikan dengan loyalitas customer, yang mana nilai koefisien regresi sebesar 0,679 dan nilai T hitung sebesar 16,722 > 2,00247 serta nilai sig 0,000. (3) Perilaku inovatif dan excellent service berhubungan secara simultan dan signifikan dengan loyalitas customer. Hal ini ditunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 173,319 > 3,16. Hasil penelitian ini didukung dengan hasil perhitungan nilai koofisien determinasi R2 sebesar 0,859 atau 85,9%.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 15:52 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 15:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23906 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |