SETIANDRE, DAVID (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAME LENSAVENTURE PADA POKOK BAHASAN CAHAYA DAN ALAT OPTIK BAGI PESERTA DIDIK KELAS VIII A SMP NEGERI 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_DAVID_SELESAI YEAAAYYY.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_DAVID_SELESAI YEAAAYYY.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_DAVID_SELESAI YEAAAYYY.pdf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil analisis kebutuhan media game Lensaventure pada pokok bahasan cahaya dan alat optik bagi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 2) Karakteristik media game Lensaventure pada pokok bahasan cahaya dan alat optik bagi peserta didik kelas VIII A SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 3) Kelayakan game Lensaventure pada pokok bahasan cahaya dan alat optik bagi peserta didik kelas VIII A kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. 4) Kepraktisan game Lensaventure pada pokok bahasan cahaya dan alat optik bagi peserta didik kelas VIII A kelas VIII SMP Negeri 1 Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini termasuk dalam penelitian dan pengembangan (Research and Developmen) dengan menggunakan model penelitian ADDIE yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch mencakup Analysis (analisis), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi/pelaksanaan/uji coba), evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu analisis, desain/perancangan, dan pengembangan. Pengembangan media game Lensaventure pada materi cahaya dan alat optik ini dinilai oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil analisis kebutuhan peserta didik dilakukan penyebaran angket pada 34 peserta didik kelas VIII A menyatakan bahwa penggunaan media game edukasi digital jarang digunakan dan sebanyak 97% peserta didik setuju dengan dikembangkannya media game Lensaventure. 2) Karakteristik dari media game Lensaventure yaitu media berisikan materi cahaya dan alat optik yang dikemas menarik dan ringkas, berisi game dan kuis dengan tingkat kesulitan berbeda, menyenangkan, menarik, meningkatkan semangat belajar peserta didik. Akan tetapi media belum dapat dirilis di Google Play Store yang mengakibatkan peserta didik sedikit kesususahan saat penginstalan media. 3) Hasil uji kelayakan yaitu ahli media sebesar 89,29 % dan ahli materi dan bahasa sebesar 92,11 % dengan kategori sangat layak. 4) Respon media game Lensaventure oleh guru IPA diperoleh persentase sebesar 95,54 % dan respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 81,4 % sehingga dinyatakan sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 20:07 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 20:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |