Zakiyya, Atika Nurul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI PEMANFAATAN BARANG BEKAS PADA MATERI STRUKTUR BUMI UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMPN 1 BRINGIN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Draft Skripsi Atika Nurul Zakiyya_compressed.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Hasil analisis kebutuhan media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas pada materi struktur bumi untuk peserta didik kelas VIII B SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang, 2) Karakteristik media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas pada materi struktur bumi untuk peserta didik kelas VIII B SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang, 3) Kelayakan media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas pada materi struktur bumi untuk peserta didik kelas VIII B SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang, 4) Kepraktisan media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas pada materi struktur bumi untuk peserta didik kelas VIII B SMPN 1 Bringin Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development (R&D) yang menggunakan model penelitian ADDIE mencakup analysis (analisis), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi/pelaksanaan/uji coba), evaluation (evaluasi). Pada penelitian ini menggunakan tiga langkah yaitu analisis, desain/perancangan dan pengembangan. Pengembangan media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas pada materi struktur bumi ini dinilai oleh ahli dan praktisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil analisis kebutuhan guru dan peserta didik dilakukan dengan wawancara menyatakan bahwa terdapat permasalahan visualisasi materi sehingga guru dan pesserta didik setuju dengan dikembangkannya media pembelajaran berbahan dasar barang bekas pada materi struktur bumi, 2) Karakteristik media pada media pembelajaran melalui pemanfaatan barang bekas adalah media visual yang terbuat dari kardus dan juga bubur kertas berbentuk balok dengan panjang 25 cm lebar 25 cm dan tinggi 50 cm. Adapun di dalamnya berisi tentang materi struktur bumi mulai dari kerak bumi, mantel bumi, intiluar bumi dan inti dalam bumi. Kekurangan dari produk adalah memerlukan penyimpanan yang lebih hati-hati 3) Hasil uji kelayakan dari ahli materi mendapat persentase 85,42% dan ahli media sebesar 97,5% dengan kategori sangat layak. 4) Uji kepraktisan oleh guru IPA diperoleh persentase sebesar 96,67% dan respon peserta didik diperoleh persentase sebesar 80,16% dengan kategori sangat praktis.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Jun 2025 20:13 |
Last Modified: | 13 Jun 2025 20:13 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |