Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan Diorama Ekosistem terhadap Hasil Belajar Materi Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025

putri, Dyah Karunia (2025) Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) dengan Diorama Ekosistem terhadap Hasil Belajar Materi Pengaruh Manusia terhadap Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)
[img] Text
SKRIPSI-DYAH KARUNIA PUTRI-23060210064.pdf

Download (10MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction) dengan power point pada materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025 (2) mengetahui hasil belajar peserta didik yang menggunakan model problem based learning (PBL) dengan media diorama ekosistem pada materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025 (3) mengetahui efektivitas model problem based learning (PBL) dengan media diorama ekosistem terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pengaruh manusia terhadap ekosistem di SMP Negeri 1 Tengaran Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode true exsperimental dan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian berjumlah 297 peserta didik yang terdiri dari 8 kelas yaitu kelas VII A – VII H, sedangkan pengambilan sampel dilakukan dengan metode simple random sampling untuk memilih 2 kelas, yaitu kelas VII G yang menggunakan model direct instruction dengan power point berjumlah 36 peserta didik serta kelas VII H yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem yang berjumlah 38 peserta didik . Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pretest dan posttest serta angket. Instrumen pretest dan posttest yang digunakan telah melewati uji validitas, reliabilitas, daya pembeda, serta taraf kesukaran. Teknik analisis data pretest dan posttest dalam penelitian ini terdiri uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa (1) nilai rata-rata posttest kelas yang menggunakan model direct instruction dengan power point sebesar 74,72, median sebesar 74,72, nilai minimum sebesar 40, nilai maksimum sebesar 100 dan sum sebesar 2690 yang menggunakan model direct instruction dengan media power point (2) nilai rata-rata posttest kelas eksperimen yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem sebesar 84,21, median sebesar 84,21, nilai minimum sebesar 60, nilai maksimum sebesar 100, dan sum sebesar 3200, yang menggunakan model problem based learning dengan diorama ekosistem (3) Uji hipotesis menggunakan statistik parametrik dengan jenis uji Independent Sample T-Test, didapatkan nilai thitung (2,966) > ttabel (1,993) serta nilai signifikansi (2-tailed) 0,004 < 0,05, sehingga kesimpulannya H0 ditolak sehingga Ha diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran problem based learning dengan media diorama ekosistem efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi pengaruh manusia terhadap ekosistem kelas VII SMP Negeri 1 Tengaran tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi pengaruh manusia terhadap ekosistem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2025 02:40
Last Modified: 15 Jun 2025 02:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23940

Actions (login required)

View Item View Item