FAIQOH, EMILY FARIDATUL (2025) IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM PEMBELAJARAN PAI (DI SMP NEGERI 1 MUNGKID DAN SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID KABUPATEN MAGELANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
TESIS EMILY FARIDATUL FAIQOH 12010210033.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis implementasi supervisi akademik dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mungkid dan SMP Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang. 2) Untuk menganalisis faktor pendukung dan penghambat implementasi supervisi akademik dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mungkid dan SMP Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang. 3) Untuk mengidentifikasi solusi menghadapi hambatan dalam implementasi supervisi akademik dalam mata pelajaran PAI di SMP Negeri 1 Mungkid dan SMP Muhammadiyah Mungkid Kabupaten Magelang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan responden Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum dan Guru PAI di SMP Negeri 1 Mungkid dan SMP Muhammadiyah Mungkid. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi teknik dan sumber. Analisis data menggunakan metode Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi supervisi akademik di SMP Negeri 1 Mungkid melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut menggunakan bantuan Platform Merdeka Mengajar. Sedangkan di SMP Muhammadiyah Mungkid melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut secara manual. Teknik yang digunakan dalam supervisi akademik menggunakan observasi kelas. 2) Faktor yang mendukung kegiatan supervisi akademik di SMP Negeri 1 Mungkid dan SMP Muhammadiyah Mungkid adanya dukungan dari kepala sekolah dan keterlibatan bantuan dari guru senior dalam kegiatan serta sarana prasarana yang memadai. Hambatan yang terjadi apabila ada terjadi kegiatan mendadak dari supervisor atau adanya kegiatan sekolah serta kurangnya kesiapan guru ketika akan disupervisi dan juga ketidaksiapan guru dalam kegiatan supervisi akademik. 3) Solusi yang ditawarkan dengan melakukan kesepakatan ulang antara supervisor dan guru yang bersangkutan. Apabila tidak dapat terselesaikan dapat melalui alternatif lain dengan pengirimin video pembelajaran. Sedangkan untuk solusi ketidaksiapan guru, melalui pemberian motivasi dan persamaan persepsi terkait supervisi akademik oleh kepala sekolah kepada guru.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 16 Jun 2025 21:47 |
Last Modified: | 16 Jun 2025 21:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23988 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |