Saputri, Dinda Salsabilla (2025) PEMBINAAN KEDISIPLINAN SALAT ZUHUR DAN ASAR BERJAMAAH SERTA PEMBIASAAN PROGRAM INFAQ TIAP PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA SMK NEGERI 1 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
DINDA SALSABILLA SAPUTRI_23010210093_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
DINDA SALSABILLA SAPUTRI_23010210093_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
DINDA SALSABILLA SAPUTRI_23010210093_PENDIDIKAN AGAMA ISLAM S1.pdf Download (7MB) |
Abstract
ujuan penelitian skripsi ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan pembinaan kedisiplinan salat zuhur dan asar berjamaah 2. Untuk mendeskripsikan pembiasaan program infaq tiap pembelajaran PAI 3. Untuk mendeskripsikan hambatan serta solusi dari pembinaan kedisiplinan salat dhuhur dan ashar berjamaah 4. Untuk mendeskripsikan hambatan serta solusi dari pembiasaan program infaq tiap pembelajaran PAI pada siswa SMK Negeri 1 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan studi dokumen. Sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer berupa pengamatan dan wawancara dengan waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam, dan peserta didik SMK Negeri 1 Salatiga. Sumber data lainnya diperoleh melalui sumber data sekunder berupa jurnal pendidikan maupun buku hadis shahih. Analisis data menggunakan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembinaan kedisiplinan salat zuhur dan asar berjamaah pada siswa SMK Negeri 1 Salatiga dilakukan melalui kebijakan dalam kurikulum operasional sekolah dengan memajukan jam istirahat dan pelaksanaan salat berjamaah ini ini dibagi menjadi dua kloter. 2) Pembiasaan program infaq tiap pembelajaran PAI dilakukan rutin sebelum pembelajaran PAI dimulai. 3) Hambatan dalam membina kedisiplinan salat dhuhur ashar berjamaah yaitu beberapa siswa masih rendah tingkat kesadaran untuk salat berjamaah Solusinya yaitu diberi sanksi yang bersifat edukatif dengan menulis istighfar sebanyak seribu kali dan ditempel materai. Faktor lain yang berasal dari guru adalah beberapa guru tetap melanjutkan pembelajaran saat tiba waktu salat. Solusinya yaitu diberi kesempatan untuk mengikuti pada kloter kedua. 4) Faktor pendukung dalam pembiasaan program infaq tiap pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Salatiga yaitu terdapat fasilitas pendukung seperti kantong infaq, amplop infaq, dan beberapa kotak amal yang tersebar di berbagai tempat. Sedangkan faktor penghambat dari pembiasaan program infaq tiap pembelajaran PAI yaitu hampir tidak ada karena sebagian besar siswa sudah menyadari terkait pentingnya infaq.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Jun 2025 03:59 |
Last Modified: | 17 Jun 2025 03:59 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24000 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |