IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Devi, Nabila Elita (2025) IMPLEMENTASI NILAI KEDISIPLINAN DAN KEMANDIRIAN SISWA DALAM PROGRAM BOARDING SCHOOL DI MAN 2 SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI NABILA ELITA DEVI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI NABILA ELITA DEVI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi nilai kedisiplinan siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. 2) Implementasi kemandirian siswa Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. 3) Faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi nilai kedisiplinan dan kemandirian siswa dalam program Boarding School di MAN 2 Semarang tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang didapatkan bersumber dari data primer dan data sekunder. Data primer dari penelitian ini adalah hasil dari observasi, dan hasil wawancara. Sumber data sekunder penelitian ini berupa arsip, dokumentasi, buku, jurnal, atau karya ilmiah yang berkaitan dengan implementasi nilai kedisiplinan dan kemandirian. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi, penyajian, penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa: 1) Implementasi nilai kedisiplinan siswa boarding school di MAN 2 Semarang dengan menanamkan disiplin dari hukuman, pendidikan disiplin, disiplin belajar, disiplin waktu, disiplin bersikap dan disiplin beribadah. 2) Implementasi kemandirian siswa boarding school di MAN 2 Semarang dengan menanamkan tiga aspek kemandirian di antaranya kemandirian emosional, kemandirian tingkah laku, kemandirian nilai. 3) Faktor pendukung dalam implementasi nilai kedisiplinan dan kemandirian siswa dalam program boarding school di MAN 2 Semarang terdapat faktor internal yaitu kesadaran siswa dan minat siswa. Kemudian faktor eksternal contohny a faktor lingkungan keluarga, guru dan musyrif atau muysrifah, fasilitas. Sedangkan faktor penghambat dalam implementasi nilai kedisiplinan dan kemandirian siswa dalam program boarding school di MAN 2 Semarang yaitu kurangnya perhatian orang tua, rasa malas siswa, pengaruh teman sebaya dan penggunaan handphone.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jun 2025 19:35
Last Modified: 17 Jun 2025 19:35
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24029

Actions (login required)

View Item View Item