Fakhrezi, Hisyam Maulana (2025) EFEKTIVITAS PANDUAN PENGGUNAAN WORDWALL TERHADAP KEMAMPUAN INFORMASI TEKNOLOGI SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD MUHAMMDIYAH PLUS SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skiripsi ( Hisyam Maulana Fakhrezi ) (046).pdf Download (8MB) |
Abstract
Di era digital, teknologi informasi memiliki peran penting dalam pendidikan, termasuk dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Namun, berdasarkan observasi di SD Muhammadiyah Plus Salatiga, hanya 40% siswa kelas 4 yang mampu mengoperasikan teknologi dengan baik, sementara 60% lainnya masih terbatas dalam penggunaannya. Salah satu penyebab rendahnya kemapuan informasi teknologi siswa adalah kurangnya integrasi teknologi dalam pembelajaran. Wordwall, sebagai media pembelajaran interaktif, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan teknologi informasi siswa sekaligus memperkaya pengalaman belajar IPAS. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas panduan penggunaan Wordwall dalam meningkatkan kemampuan teknologi informasi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas panduan penggunaan Wordwall dalam meningkatkan kemampuan teknologi informasi siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Plus Salatiga. Metode yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan Wordwall dalam pembelajaran IPAS dan kelompok kontrol yang tidak menggunakan Wordwall. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest, serta dianalisis menggunakan uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dalam peningkatan kemampuan teknologi informasi. Nilai t-hitung sebesar 6.690 lebih besar dari t-tabel 2.001, yang menunjukkan bahwa penggunaan Wordwall efektif pada kelas yang mendapatkan perlakuan dalam meningkatkan keterampilan teknologi siswa. Selain itu, hasil uji N-Gain menunjukkan peningkatan kemampuan teknologi informasi dengan rata-rata skor 0.56 atau 56%, yang termasuk dalam kategori sedang. Dengan ini, dapat disimpulkan bahwa panduan penggunaan Wordwall berkontribusi dalam meningkatkan infromasi teknologi siswa dan efektivitas pembelajaran IPAS di era digital.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 15:31 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 15:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24065 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |