Yunianti, Evie (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI KELILING DAN LUAS MATA PELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA SISWA KELAS IV MI ISLAMIYAH KAUMAN KIDUL KOTA SALATIGA TAHUN 2015. Other thesis, IAIN Salatiga.
|
Text
Evie Yunianti_11511058.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Banyak orang yang menganggap matematika merupakan momok menakutkan untuk dipelajari. Pendidik yang cerdas harus pandai dalam memilih media pembelajaran agar siswa dapat termotivasi untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah: apakah dengan media pembelajaran PowerPoint Interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi Keliling dan Luas mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV Semester I MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2015. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah – langkah dalam PTK ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Dengan objek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 22 siswa dan satu orang guru kolaborator yaitu bapak Syaiful Anwar. Hasil penelitian pada pra siklus menunjukan siswa yang tuntas sebanyak 6 siswa dalam persen sebesar 42,8%. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 14 siswa dalam persen sebesar 63,6%. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 22 siswa dalam persen sebesar 100%. Hal ini menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran PowerPoint Interaktif dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi Keliling dan Luas mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV Semester I MI Islamiyah Kauman Kidul Kota Salatiga Tahun 2015.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Feb 2016 02:20 |
Last Modified: | 17 Feb 2016 02:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/241 |
Actions (login required)
View Item |