EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Abid, Muhammad Fahri (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI SMP NEGERI 2 TUNTANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
MUHAMMAD FAHRI ABID 23010210057-1_compressed (1).pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui 1) apakah terdapat efektivitas model problem based learning dengan media animasi pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025?, 2) apakah terdapat efektivitas model Problem Based Learning dengan media power point untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP Negeri 2 Tuntang tahun ajaran 2024/2025? Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif quasi eksperimental dengan sasaran siswa-siswi SMP Negeri 2 Tuntang kelas VIII. Sampel siswa dipilih secara acak di 2 kelas yang berbeda namun tetap sebanding. Data dikumpulkan melalui tahap pretest dan posttest. Data di analisis menggunakan aplikasi SPSS 26.00 for windows. Penelitian ini dilakukan pada dua kelas yang berbeda yang memiliki kemampuan mirip. Masing-masing kelas yang diambil dari level yang sama yaitu pada kelas VIII. Kelas tersebut dibagi menjadi kelas eksperimen dan kontrol. Ho menyatakan tidak terjadi perbedaan efektivitas model pembelajaran PBL dengan media animasi untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP N 2 Tuntang. Namun di sisi yang lain Ha menyatakan bahwa terjadi perbedaan efektivitas secara signifikan antara model PBL dengan media animasi dan model PBL dengan media PPT. Ho diterima apabila hasil analisis data pada uji t (t-test) menunjukkan nilai lebih dari 0.05. namun sebaliknya Ha diteriman dan Ho ditolak apabila sig (2-tailed) lebih kecil dari 0.05. Hasil analisis data pada uji t menunjukkan hasil sig (2-tailed) sebesar 0.000 (0.000 < 0.05). Kemudian untuk kelas eksperimen yang impementasinya menggunakan model PBL dengan media animasi mendapatkan nilai rata-rata sebesar 85.28. Sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model PBL dengan media PPT mendapatkan nilai rata-rata sebesar 72.00. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa model PBL dengan media animasi terbukti lebih efektif daripada model PBL dengan media PPT untuk meningkatkan hasil belajar PAI di SMP N 2 Tuntang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Jun 2025 21:09
Last Modified: 18 Jun 2025 21:09
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24109

Actions (login required)

View Item View Item