EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (PLANTAE) KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Iftiya, Febi (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION DENGAN METODE TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP (PLANTAE) KELAS VII SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Febi Iftiya_2306021006 (revisi 8)_compressed.pdf

Download (5MB)

Abstract

Iftiya, Febi. 2025. Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dengan Metode Tutor Sebaya terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup (Plantae) Kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fenny Widiyanti, M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Model Group Investigation; Metode Tutor Sebaya; Hasil Belajar. Tujuan dari pembelajaran ini adalah untuk (1) mengetahui hasil belajar model pembelajaran direct instruction dengan power point materi klasifikasi makhluk hidup (plantae), (2) mengetahui hasil belajar model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya materi klasifikasi makhluk hidup (plantae), dan (3) mengetahui efektivitas model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup (plantae). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode true experimental menggunakan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII sebanyak 8 kelas SMP Negeri 1 Salatiga yaitu kelas VII A – VII H yang berjumlah 257. Sampel yang diambil yaitu 2 kelas yaitu kelas VII D yang menggunakan model group investigation dengan metode tutor sebaya dan VII E yang menggunakan model direct instruction dengan power point, masing-masing kelas berjumlah 32 peserta didik, sehingga total sampel berjumlah 64. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Adapun teknik pengumpulan data berupa tes dan nontes. Instrumen berupa pretest, posttest, angket respon peserta didik, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Instrumen pretest dan posttest yang digunakan telah melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA model direct instruction dengan power point memperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 73,69 dengan minimum 40, maksimum 94, dan sum sebesar 2358 (2) hasil belajar IPA model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya memperoleh nilai rata-rata posttes sebesar 81,97 dengan minimum 67, maksimum 100, dan sum sebesar 2580, (3) uji hipotesis menggunakan statistik parametrik dengan jenis uji Independent Sample T-Test diperoleh nilai thitung 2,282 > ttabel 1,999 dan nilai signifikansi (2-tailed) 0,026 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Didukung oleh angket respon peserta didik yang diketahui bahwa 16 peserta didik memberikan respon baik sekali dan 16 lainnya memberikan respon baik. Kesimpulannya dari penelitian ini yaitu model pembelajaran group investigation dengan metode tutor sebaya efektif terhadap hasil belajar materi klasifikasi makhluk hidup (plantae) kelas VII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Implikasi penelitian ini yaitu dapat memberikan dampak baik terhadap hasil belajar peserta didik kelas VII materi klasifikasi makhluk hidup (plantae) serta dapat menumbuhkan sikap kolaborasi dan tanggung jawab antar teman sebaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2025 12:16
Last Modified: 19 Jun 2025 12:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24124

Actions (login required)

View Item View Item