HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025

Dzikrillah, Jordan Amran (2025) HUBUNGAN ADVERSITY QUOTIENT DAN EFIKASI DIRI DENGAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MATA PELAJARAN PAI SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 UNGARAN TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Jordan Amran Dzikrillah_23010210079.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Adversity Quotient, Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan adversity quotient dengan prokrastinasi akademik, efikasi diri dengan prokrastinasi akademik, serta hubungan adversity quotient dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik pada mata pelajaran PAI siswa kelas XI SMA Negeri 2 Ungaran tahun ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini merupakan korelasional kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Ungaran yang berjumlah 432 siswa dengan sampel 65 siswa yang diambil menggunakan teknik probability sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan media Google Form. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji korelasi dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat hubungan negatif dan signifikan variabel adversity quotient dengan prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi sebesar -0,727 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (2) Terdapat hubungan negatif dan signifikan varibel efikasi diri dengan prokrastinasi akademik dengan nilai korelasi sebesar -0,695 dan signifikansi 0,000 (p < 0,05). (3) Terdapat hubungan negatif dan signifikan varibel adversity quotient dan efikasi diri dengan prokrastinasi akademik diperoleh nilai Fhitung sebesar 48,406 dengan nilai Ftabel adalah 3,145 sehingga Fhitung > Ftabel atau 48,406 > 3,145 dengan tingkat signifikan 0,000 (p< 0,05). Nilai koefisien determinasi simultan (R2) sebesar 0,61 atau 61%. Berdasarkan koefisien regresi pada penelitian kali ini diketahui bahwa variabel adversity quotient dan efikasi diri mampu menjelaskan sebesar 61% variabel prokrastinasi akademik sedangkan sisanya 39% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Jun 2025 18:42
Last Modified: 19 Jun 2025 18:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24142

Actions (login required)

View Item View Item