SARIPATUN, UMMI (2025) PENGARUH SELF AUTONOMY DAN POSITIF RELATIONSHIP TERHADAP STRES AKADEMIK DALAM MENYUSUN SKRIPSI PADA MAHASISWA TINGKAT AKHIR FAKULTAS DAKWAH UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsiiiiiiikuuuy.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsiiiiiiikuuuy.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsiiiiiiikuuuy.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsiiiiiiikuuuy.pdf Download (3MB) |
Abstract
Saripatun, Ummi. 2025. Pengaruh Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap Stres Akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Skripsi. Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Self Autonomy, Positif Relationship, Stres Akademik, Skripsi, mahasiswa tingkat akhir Tujuan skripsi ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui pengaruh Self Autonomy terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam Negeri Salatiga, (2) Untuk mengetahui pengaruh Positif Relationship terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam Negeri Salatiga, 3) Untuk mengetahui pengaruh Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap stres akademik pada mahasiswa tingkat akhir Fakultas Islam Negeri Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat akhir Fakultas Dakwah Universitas islam Negeri Salatiga yang berjumlah 478 mahasiswa dan jumlah sampel sebanyak 118 mahasiswa yang dipilih melalui teknik random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penyebaran kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan variabel dependen yaitu stres akademik (Y) dan variabel independen yaitu Self Autonomy (X) Positif Relationship (X2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) Pengaruh Self Autonomy terhadap stres akademik memiliki nilai signifikansi 0,041 yang lebih kecil dari tingkat signifikansi 0,05. Nilai t hitung sebesar -9,604 lebih besar dari t tabel yaitu 1,65821 dalam nilai absolut, sedangkan koefisien regresi bernilai -0,656, menunjukkan hubungan negatif. Self Autonomy berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres akademik. 2) Pengaruh Positif Relationship terhadap stres akademik memiliki nilai signifikansi 0,000, lebih kecil dari 0,05. Nilai t hitung sebesar -10,84 lebih besar dari t tabel 1,65821 dalam nilai absolut dan memiliki koefisien regresi bernilai -0,140 menunjukkan hubungan negatif. Positif Relationship juga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres akademik. 3) Pengaruh bersama Self Autonomy dan Positif Relationship terhadap stress akademik memiliki nilai signifikansi pengaruh simultan adalah 0,000, lebih kecil dari 0,05. Nilai F hitung 54,422 lebih besar dari F table yaitu 3,08. Koefisien determinasi R2 = 0,765 menunjukkan bahwa kedua variabel bersama-sama menjelaskan 76,5 % variasi stress akademik, sedangkan sisanya 23,5% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti. Self Autonomy dan Positif Relationship secara bersama-sama efektif dalam menurunkan stres akademik dan Self Autonomy memiliki kontribusi lebih dominan koefisien -0,656 dibandingkan Positif Relationship koefisien-0,140, menunjukkan bahwa kemandirian individu memainkan peran kunci dalam mengelola stres
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Jun 2025 19:27 |
Last Modified: | 19 Jun 2025 19:27 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |