MARIA, RISKA DESTI (2025) KONSELING KELOMPOK MELALUI TEKNIK HUSNUDZON DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPHY (REBT) UNTUK MENINGKATKAN PERCAYA DIRI PADA SISWA SMP N 10 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
RISKA DESTI MARIA-SKRIPSI-23080210034_compressed.pdf Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain Non-Equivalent Pre-Test and Post-Test control-group design. Instrumen yang digunakan adalah skala percaya diri yang sudah direview oleh pakar dan sudah diuji validitas dan reliabilitas sehingga layak digunakan. Populasi penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas VIIA SMP N 10 Salatiga. Sampel diambil dengan purposive sampling sebanyak 16 siswa yang menunjukan tingkat percaya diri cukup dan sedang dengan kiteria skor percaya diri paling rendah, sampel dibagi menjadi 2 kelas eksperimen dan kontrol. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan (1) Tingkat percaya diri siswa kelas VIIA SMP N 10 Salatiga yang menunjukan bahwa terdapat 0 atau 0% siswa yang mempunyai tingkat percaya diri rendah, kemudian ada 11 atau 34,37 % siswa yang memiliki tingkat percaya diri cukup, 19 atau 59,37 yang memiliki tingkat percaya diri sedang, hanya ada 2 atau 6,25 % siswa dengan tingkat percaya diri tinggi ; (2) Pelaksanaan konseling kelompok dilaksanakan 3 kali pertemuan: (a) mengidentifikasi masalah yaitu menemukan sumber penyebab tidak percaya diri. (b) Mengungkap pikiran irasional yang menghambat dan mengubahnya menjadi lebih rasional. (c) Meningkatkan percaya diri digunakan untuk mendorong siswa agar berani tampil, berpendapat, dan terlibat aktif dalam lingkungan sosial maupun akademik ; (3) Berdasarkan hasil uji independent sample test diketahui bahwa nilai signifikansi (2-tailed) untuk pre-test dan post-test adalah 0,000. Karena nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kriteria pengujian hipotesis menunjukkan bahwa nilai t-tabel dengan (df) 14 pada taraf signifikansi 5% (0,05) adalah sebesar 1,761. Sedangkan nilai t-hitung sebesar 7,181, sehingga t-hitung > t-tabel (7,181 > 1,761). Maka dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok melalui teknik husnudzon dengan pendekatan REBT efektif untuk meningkatkan tingkat percaya diri pada siswa SMP N 10 Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Jun 2025 18:40 |
Last Modified: | 20 Jun 2025 18:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |