Soliah, Seli (2025) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS) BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII POKOK BAHASAN STRUKTUR BUMI DI SMP NEGERI 1 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SELI SOLIAH 23060210015.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SELI SOLIAH 23060210015.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SELI SOLIAH 23060210015.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SELI SOLIAH 23060210015.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SELI SOLIAH 23060210015.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025, (2) mengetahui hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga, (3) menganalisis efektivitas penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard terhadap hasil belajar pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII, (4) mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard pada pokok bahasan struktur bumi di kelas VIII SMP Negeri 1 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif eksperimen menggunakan True Experimental Design dengan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian diambil melalui teknik Cluster Random Sampling. Sampel melibatkan kelas VIII C (kelas eksperimen) melalui model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard dan kelas VIII G (kelas kontrol) yang menggunakan model pembelajaran Direct Instruction dengan metode ceramah. Instrumen yang diterapkan pada penelitian ini yaitu instrumen tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah diuji kesahihannya melalui uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, termasuk uji daya beda. Sedangkan instrumen nontes dalam bentuk angket respon peserta didik yang sudah diuji keabsahannya melalui validasi ahli. Data penelitian dianalisis dengan uji Independent Sample T-Test berbantuan software SPSS 26.0. Hasil penelitian mengindikasikan nilai rata-rata posttest kelas kontrol (61,61) < kelas eksperimen (74,64). Mengacu pada analisis uji-t (Independent Sample Test) didapatkan nilai t_hitung 3,200 > 2,005 t_tabel dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,002 < 0,05 sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa H_o ditolak dan H_a diterima. Hal tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard efektif terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII pokok bahasan struktur bumi di SMP Negeri 1 Salatiga tahun pelajaran 2024/2025. Persentase skor total angket respon peserta didik yang didapatkan sebesar 81,07% dan termasuk kategori baik sekali. Artinya, rata-rata peserta didik sangat setuju dengan penggunaan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) berbantuan media flashcard.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 22 Jun 2025 17:51 |
Last Modified: | 22 Jun 2025 17:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/24202 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |